Career Insight #8: Perjalanan Karir di Balik Layar Media Kreatif

Pada Jumat, 21 Juni 2024, virtual talkshow Career Insight ke-8 diadakan melalui Zoom, menghadirkan Benyamin Yosia, yang akrab disapa Kak Abeng, sebagai narasumber. Alumni Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-2 ini membagikan pengalaman dan perjalanan karirnya yang inspiratif. Kak Abeng membuka sesi dengan menceritakan kisah struggle-nya apakah bisa melanjutkan studi atau tidak. Beruntung, ia mendapatkan Beasiswa KAMAJAYA yang membantunya melanjutkan pendidikan. Selama masa kuliahnya, Ruang Kantor KAMAJAYA menjadi tempat berkumpul bersama teman-teman penerima beasiswa, tempat bertukar cerita dan dukungan.

Sempat bekerja paruh waktu dan aktif dalam organisasi Atma Jaya Radio, Kak Abeng menemukan passion-nya dalam bidang public speaking. Sejak tahun 2017 hingga saat ini, ia kerap menjadi MC (Master of Ceremony) dalam berbagai acara. Pengalaman ini menjadi modal berharga saat ia bekerja di media agency bernama Initiative Media Jakarta. Di media agency tersebut, Kak Abeng bertanggung jawab untuk placement iklan, merencanakan kampanye untuk berbagai brand, baik melalui media konvensional maupun digital. Hingga kini, ia menangani lima brand yang dipercayakan kepada agency-nya.

Kak Abeng menekankan betapa pentingnya pengalaman dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dalam mengasah keterampilan yang sangat berguna di dunia kerja. Menurutnya, pekerjaan tidak harus sesuai dengan jurusan yang diambil di kuliah. Ia berpesan kepada teman-teman yang merasa salah jurusan untuk tidak khawatir asalkan mau belajar dan mengembangkan diri. Banyak juga, katanya, mahasiswa dari jurusan lain yang tertarik bekerja di industri kreatif.

Dalam pekerjaannya sebagai media planner, Kak Abeng fokus pada media konvensional namun juga mendukung media digital. Tugas utamanya meliputi pembuatan laporan kampanye, strategi, dan ideasi kampanye. Ia menyebutkan bahwa pekerjaan ini sangat cocok untuk mereka yang suka bekerja di balik layar dan memiliki ide-ide kreatif yang tidak harus formal. Melalui cerita-ceritanya, Kak Abeng menunjukkan bahwa menjadi seorang media planner mungkin bekerja di balik layar, tetapi pengaruhnya sangat besar. Hasil dari kerja keras tersebut bisa dilihat dalam berbagai platform, termasuk YouTube dan media digital lainnya. Talkshow ini memberikan banyak inspirasi dan wawasan berharga bagi para peserta yang bercita-cita meniti karir di industri kreatif.

Virtual talkshow Career Insight #8 memberikan wawasan mendalam dan inspirasi bagi peserta untuk berani keluar dari zona nyaman dan mengejar passion di industri media kreatif. Melalui pengalaman Kak Abeng, alumni penerima Beasiswa KAMAJAYA, peserta mendapatkan tips praktis untuk terus belajar dan mengembangkan diri di bidang yang diminati.

Diliput oleh:

Daniel Arya Deva

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-
6

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA