Pertanyaan Seputar KAMAJAYA Scholarship

F.A.Q.

Apa itu Kamajaya?

KAMAJAYA adalah akronim dari KELUARGA ALUMNI UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA. KAMAJAYA dibentuk pada Kongres I Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang diselenggarakan pada tanggal 15-16 Mei 1985 di Wisma Realino Yogyakarta. KAMAJAYA menjadi wadah bagi para alumni untuk melanjutkan cita-cita Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Sampai dengan tahun 2013, telah terbentuk 15 Pengurus Daerah KAMAJAYA mencakup Sumatera Utara, Riau, Batam, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Flores dan Ende.

Beasiswa seperti apakah yang diberikan oleh KAMAJAYA Scholarship?

KAMAJAYA Scholarship memberikan BEASISWA PENUH yang menanggung seluruh biaya studi Program Strata 1 di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (maksimal 4 tahun atau 8 semester), meliputi SPP Tetap dan Variabel, serta biaya non-SPP (yang terkait biaya akademik sesuai dengan peraturan resmi dari Universitas Atma Jaya Yogyakarta, misalnya biaya KKN, biaya Wisuda, dan lain-lain).

Bagaimana lahirnya ide KAMAJAYA Scholarship?

Sesuai informasi dari Kantor Keuangan Universitas Atma Jaya Yogyakarta, setiap tahun ada ratusan mahasiswa yang menunggak pembayaran uang kuliah hingga mencapai milyaran rupiah (data pada bulan Mei 2017). Hal ini tentu saja menjadi sebuah kesulitan bagi Universitas Atma Jaya Yogyakarta yang seluruh pembiayaannya berasal dari mahasiswa. Dari keyakinan bahwa uang receh kita dapat menyelamatkan mahasiswa dari putus kuliah, maka program KAMAJAYA Scholarship ini dibentuk. Program ini juga menjadi sarana bagi alumni untuk berbakti dan tetap terhubung (engaged) dengan Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Nilai-nilai apa saja yang diperjuangkan oleh KAMAJAYA Scholarship?

Ada 4 nilai yang diperjuangkan oleh KAMAJAYA Scholarship yaitu:

a. Option for the poor

program ini memberikan kesempatan kepada anak-anak yang berasal dari keluarga miskin namun mempunyai kemampuan akademis yang baik untuk menyelesaikan pendidikan sarjana di Universitas Atma Jaya Yogyakarta)

b. The power of small

Konsep donasi KAMAJAYA Scholarship adalah “urunan bareng-bareng” yang sifatnya sukarela baik rutin maupun non-rutin

c. Caring for others

Mahasiswa penerima beasiswa aktif terlibat dalam kegiatan KAMAJAYA dalam melayani sesama sesuai dengan talenta masing-masing.

d. Pay it forward

Alumni dari program ini yang sudah bekerja mempunyai kewajiban untuk mengembangkan program ini dengan menjadi donatur selanjutnya

Mengapa Beasiswa KAMAJAYA disebut juga sebagai Beasiswa Abadi?

Konsep Beasiswa KAMAJAYA adalah DANA BERGULIR. Cara kerjanya donatur “urunan” bareng-bareng (yang besarnya sesuai dengan kemampuan, misalnya Rp 50.000 per bulan, Rp 100.000 per bulan, atau Rp 500.000 per bulan, dan seterusnya) untuk membiayai adik-adik mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta sampai lulus. Jika sudah Lulus dan Bekerja (mempunyai penghasilan) maka adik-adik penerima Beasiswa KAMAJAYA wajib “mengembalikan” beasiswa yang diterimanya selama studi dengan ikut “urunan” bersama donatur-donatur yang sudah ada. Besarnya pengembalian ditentukan sebesar 2 kali lipat, maksudnya 1 mahasiswa dibiayai, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mengembalikan ditambah membiayai 1 mahasiswa lagi. Kita harapkan dana ini akan terus bergulir dan berkembang seperti deret ukur. 1 mahasiswa menjadi 2, 2 menjadi 4 dan 4 menjadi 8, dan seterusnya. Bukanlah hal yang tidak mungkin, jika suatu saat semua mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta adalah penerima Beasiswa KAMAJAYA.

Apakah nilai pengembalian beasiswa sebesar 2 kali lipat itu memberatkan?

Memberatkan atau tidak tergantung dari sudut pandang masing-masing. Namun yang harus digarisbawahi dari program ini adalah nilai-nilai yang diperjuangkan oleh program KAMAJAYA Scholarship. Penerima beasiswa yang sudah LULUS dan BEKERJA (mempunyai penghasilan) menentukan sendiri komitmennya mengenai nominal dan jangka waktu cicilan pengembalian dana beasiswa (dalam hal ini, penerima beasiswa dianggap sebagai donatur KAMAJAYA Scholarship). Tidak ada batasan jangka waktu cicilan.

Apakah penerima Beasiswa KAMAJAYA hanya mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

Benar. KAMAJAYA adalah organisasi alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta, dengan demikian penerima beasiswa adalah HANYA mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Apakah penerima Beasiswa KAMAJAYA harus beragama Katolik?

TIDAK, Beasiswa KAMAJAYA terbuka untuk siapa saja dan dari golongan manapun juga yang merupakan mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyarta. Demikian juga, donatur berasal dari semua kalangan agama, suku, golongan tanpa adanya perbedaan perlakuan. Setiap calon penerima beasiswa yang mengajukan permohonan, dinilai secara obyektif tanpa membedakan agama, suku, ataupun golongan. Memang tidak semua permohonan dapat disetujui karena keterbatasan finansial.

Apakah donatur harus merupakan alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta?

TIDAK, siapapun boleh ikut menjadi donatur dan membantu program KAMAJAYA Scholarship.

Apakah penerima Beasiswa KAMAJAYA seluruhnya sudah diverifikasi sebagai pihak yang benar-benar tidak mampu dan layak?

Proses seleksi calon penerima Beasiswa KAMAJAYA telah didesain sedemikian rupa sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Proses seleksi dibagi menjadi 3 tahapan, sebagai berikut :

a. Evaluasi Tahap 1 (EVALUASI DOKUMEN)

Evaluasi tahap 1 dilakukan dengan memeriksa seluruh dokumen calon penerima beasiswa. Evaluasi di sini ditekankan pada kelayakan dokumen-dokumen yang disampaikan.

b. Evaluasi Tahap 2 (WAWANCARA)

Tahap selanjutnya adalah wawancara calon penerima beasiswa. Team seleksi Beasiswa KAMAJAYA akan menggali lebih jauh mengenai potensi-potensi yang dapat dikembangkan dan nilai diri (softskills) dari calon penerima beasiswa.

c. Evaluasi Tahap 3 (RAPAT PLENO)

Evaluasi tahap 3 merupakan rapat pleno pengurus KAMAJAYA Scholarship dan team seleksi Beasiswa. Semua data tentang calon penerima beasiswa diolah, dianalisis dan didiskusikan bersama. Tahap ini adalah finalisasi keseluruhan proses seleksi untuk memastikan bahwa calon penerima beasiswa benar-benar adalah orang yang tepat.

Bagaimana saya bisa ikut berpartisipasi dalam program KAMAJAYA Scholarship?

Ada beberapa cara untuk ikut berpartisipasi dalam program ini:

a. Memberikan sumbangan/donasi (rutin dan non-rutin)

Daftar di http://asoka.kamajaya.id dan transfer donasi ke rekening:

BCA KCU Thamrin Jakarta
no rekening 206 7575 888
atas nama LANIAWATI S. MATITA/MARCELLA SRI WAHYUNI

Konfirmasi transfer secara online melalui ASOKA
atau email ke scholarship@kamajaya.id

b. Membantu mengenalkan dan mengajak untuk berpartisipasi dalam program KAMAJAYA Scholarship kepada semua alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta, keluarga, dan relasi/kenalan.

Facebook Group: http://www.facebook.com/groups/kamajayascholarship

Apakah yang dimaksud dengan ASOKA dan mengapa semua donatur harus mendaftar (registrasi) ASOKA?

ASOKA adalah akronim dari Aplikasi SchOlarship KAmajaya. ASOKA adalah program database online yang memberikan kemudahan donatur untuk mengakses data pribadi, laporan kemajuan studi, laporan bimbingan dan konseling dari penerima beasiswa. Donatur juga dapat melihat laporan donasi, konfirmasi transfer hingga mencetak kwitansi pembayaran donasi secara mandiri. Aplikasi ini juga sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan KAMAJAYA Scholarship sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada semua donatur. Semua data donatur di ASOKA bersifat rahasia dan hanya disimpan dan digunakan semata-mata untuk kepentingan pengelolaan Beasiswa KAMAJAYA.

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA