KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Perjalanan, Ujian, dan Harapan

Kisah Penerima Beasiswa: Perjalanan, Ujian, dan Harapan

Melihat kembali memori ketika perjalanan awal saya diterima KAMAJAYA Scholarship yang di mana penuh dengan rasa bersyukur dikarenakan harapan untuk melanjutkan kuliah itu masih ada. Saat itu, saya sedang menempuh Semester 4 dan saya hanya berharap ada beasiswa untuk semester selanjutnya untuk menyelesaikan kuliah. Waktu itu, saya sudah mulai pasrah terhadap kemungkinan tinggi untuk berhenti kuliah. Saya hanya dapat bersyukur karena dengan Beasiswa KAMAJAYA ini saya bisa fokus ke studi saya.

Perjalanan bersambung di semester selanjutnya dimulai dari saya menjadi asisten dosen pada Semester 5 dan 6. Dengan mengajar orang lain, kita bisa mendapatkan ilmu yang lebih yang didapat dari pengalaman mengajar dan membuat soal untuk praktikum, lalu dilanjutkan dengan mengoreksi dan menerima semua hasil dari praktikum serta mengumumkan nilai. Tidak lupa juga untuk menerima kritik dan saran. Semua itu memberikan banyak pembelajaran baru bagi saya.

Memasuki Semester 7, di mana semester ini saya harus banyak mempersiapkan diri untuk membuat proposal skripsi saya. Saya harus mencari ide yang pas untuk diterapkan dalam pembuatan skripsi saya supaya lulus tepat waktu. Di semester ini juga, saya harus mencari tempat kerja praktik untuk semester 8.

Selanjutnya, masuklah ke tahapan terakhir di Semester 8. Saya memulai Semester 8 dengan mengerjakan skripsi dan melakukan kerja praktik. Kerja praktik dimulai dari bulan Febuari 2024 hingga akhir bulan Maret 2024. Saya harus menyelesaikan laporan Kerja Praktik ditambah beban skripsi yang harus diselesaikan membuat pikiran harus fokus untuk menyelesaikan satu per satu semuanya. Ketika Kerja Praktik saya sudah selesai di bulan April 2024, mulai saya kebut untuk menyelesaikan laporan Kerja Praktik dan juga menyelesaikan skripsi juga.

Rintangan yang saya hadapi dalam mengerjakan skripsi lumayan berat, di mana saya punya target untuk seminggu sekali bimbingan tetapi belum tentu bisa terlaksana. Saya harus mencari uang untuk membiayai skripsi saya agar bisa lancar. Semua rintangan yang saya hadapi hingga akhir pengerjaan skripsi dapat saya atasi berkat dukungan teman-teman KAMAJAYA Scholarship (KS). Setiap kali ketika saya mau bimbingan, mereka selalu memberikan semangat. Hingga akhirnya, saya bisa mendaftarkan diri untuk maju sidang ujian skripsi. Saya sangat bersemangat untuk mempersiapkan sidang ujian skripsi ini.

Menjelang sidang ujian skripsi pada hari Rabu, 17 Juli 2024, saya sudah datang satu jam sebelum sidang ujian untuk mempersiapkan semua sembari menunggu karena ruang sidang juga sedang dipakai. Setelah masuk ruangan, saya pun mulai mempersiapkan diri secara mental dan materi agar semua siap hingga saat sidang ujian. Sidang ujian saya adalah momen yang tidak mungkin saya lupakan. Biasanya ada 4 dosen penguji, namun saat itu hanya ada 3 dosen penguji dan itu membuat saya bingung apakah sidang ujian saya bisa tetap lanjut atau tidak. Ternyata, sidang ujian tetap berlanjut meskipun salah satu dosen penguji sedang di luar kota. Saya dan dosen penguji lain datang ke ruangan dan pengalaman sidang ujian skripsi secara hybrid pun terasa sangat unik dan berkesan.

Akhirnya, sidang ujian skripsi pun selesai dengan lancar. Saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga, dosen, dan teman-teman yang telah memberikan dukungan secara material maupun moral. Keluarga saya selalu memberikan motivasi dan dorongan, dosen-dosen memberikan bimbingan dan ilmu yang berharga, serta teman-teman. Saya tidak akan bisa mencapai semua ini tanpa dukungan dari KAMAJAYA Scholarship. Saya ucapkan terima kasih kepada KAMAJAYA Scholarship dan khususnya kepada donatur. KAMAJAYA Scholarship telah memberikan saya kesempatan untuk mengubah masa depan saya menjadi lebih baik.

Melalui kisah saya ini, saya berharap dapat memberikan inspirasi dan semangat kepada teman-teman lain yang sedang berjuang meraih pendidikan di tengah keterbatasan. Jangan pernah menyerah, karena di balik setiap kesulitan, pasti ada jalan keluar dan bantuan yang tidak terduga. Terima kasih KAMAJAYA Scholarship dan donatur.

Yogyakarta, 31 Juli 2024

Emmanuel Mathew Krisna Rata
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA