KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Makrab 2024 “Under The Stars: A Night Remember”

Makrab 2024 “Under The Stars: A Night Remember”

KAMAJAYA Scholarship akhir-akhir ini memiliki kegiatan besar. Mulai dari Laporan Tahunan KAMAJAYA Scholarship sekaligus perayaan ulang tahun ke-7, hingga Makrab (Malam Keakraban) untuk penerima beasiswa aktif. Makrab ini diselenggarakan pada tanggal 10-11 Agustus 2024 dengan tema “Under The Stars: A Night Remember”. Tema ini diusung untuk menyatakan bahwa kegiatan malam keakraban ini tidak hanya sebatas melewati malam bersama teman, tetapi di malam itulah banyak pelajaran yang harus diasah dan akan membekas di benak. Malam keakraban yang dilaksanakan di Joglo Green House ini diawali dengan kumpul peserta di Kampus 2. Bentuk kumpul ini dilakukan agar mudah dalam mobilisasi peserta ke Joglo Green House.

Pada pukul 14.00 WIB, peserta sudah berkumpul di Joglo Green House. Acara dimulai dengan ucapan selamat datang dari pembimbing KAMAJAYA Scholarship, yaitu Pak Reno. Sebagai pembimbing KAMAJAYA Scholarship, Pak Reno menyampaikan ucapan selamat melakukan dinamika bersama-sama dengan semangat persaudaraan dan salam Pancasila. Dengan demikian, acara makrab secara resmi dimulai.

Sesi makrab dimulai dengan pemaparan materi dari Mbak Lisa dan Mbak Nindy. Sesi ini menjelaskan tentang beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh mahasiswa terlebih sebagai Penerima Beasiswa KAMAJAYA. Penjelasan yang paling utama adalah poin keaktifan. Poin keaktifan digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban mahasiswa dan bentuk peran aktif penerima beasiswa dalam berkegiatan dengan KAMAJAYA Scholarship.

Setelah sesi Mbak Lisa dan Mbak Nindy memaparkan materi mengenai poin keaktifan, Pak Reno melanjutkan penugasannya sebagai pemateri berikutnya. Pak Reno ditugaskan membawakan materi mengenai “Tanggung Jawab”. Sebagai Penerima Beasiswa KAMAJAYA, tanggung jawab bukan menjadi bentuk sikap, tetapi bentuk sifat. Bukan lagi tentang sikap yang harus dituntut untuk bertanggung jawab, tetapi sudah harus menjadi sifat yang bertanggung jawab.

Banyaknya anggota batch baru yang berperan aktif dalam menjalani Makrab, membuat peserta makrab semakin dekat dan hangat. Sebelum melakukan kegiatan selanjutnya, para peserta mendapatkan waktu beristirahat dan mandi. Kegiatan selanjutnya adalah pentas seni. Makan malam tidak lupa pastinya dilakukan sebelum melakukan pentas seni.

Pentas seni dilakukan secara berkelompok, agar para peserta bisa dekat dengan anggota kelompoknya dan dengan harapan bisa semakin meluas traffic pertemanannya. Karena berkelompok, tiap kelompok harus berunding terlebih dahulu sebelum melakukan pementasan. Peserta menampilkan banyaknya kreativitas mereka dari berbagai referensi yang mereka punyai.

Peserta semakin akrab dan semakin dekat, karena sebelum melakukan pentas seni, peserta makrab melakukan barbeque-an. Dari sini muncullah perbincangan dan guyonan ala anak mahasiswa pada umumnya. Malam semakin tipis dan berujung terbitnya matahari. Bangun pagi disambut dengan hawa segar dan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu oleh peserta, yaitu Outbond.

Kegiatan Outbond ini dilakukan untuk semakin mendekatkan antarpeserta makrab. Tidak hanya untuk mendekatkan antarpeserta makrab, tetapi kegiatan KS akan selalu berdampingan antarsatu penerima beasiswa dengan penerima beasiswa lainnya. Entah itu satu batch atau berbeda batch. Namun, kegiatan outbond dimulai setelah senam pagi dilakukan. Badan yang masih terasa berat, mulai ringan karena gerakan senam pagi dan diiringi kicauan burung di lingkungan sekitar.

Matahari menunjukkan perubahan pagi yang akan bergeser menjadi siang dan terik matahari mulai terasa di kulit, kegiatan outbond diselesaikan karena sudah ditemukannya pemenang dari lomba antarkelompok. Dan dilanjutkan dengan bersih-bersih dan makan besar. Makan besar dilaksanakan agar waktu sesi selanjutnya, peserta tidak merasa lelah dan kelaparan.

Pembagian hadiah untuk acara outbound.
Outbound.
Penjelasan materi “Tanggung Jawab” oleh Pak Reno.
Penjelasan mengenai PP KAMAJAYA oleh Mbak Lisa Priyandari.
Foto bersama.

Pembagian hadiah kelompok yang menang dilakukan setelah makan besar tersebut. Sesi sharing setiap batch berjalan dengan lancar dan harapannya dengan sharing ini, penerima beasiswa mampu untuk menangkap gambaran bagaimana kegiatan yang ada di KAMAJAYA Scholarship, menjadi pembelajaran baik maupun buruk, agar bisa mengatasi ke depannya jika bertemu dengan situasi tersebut.

Penghujung acara makrab sudah di depan mata, para peserta makrab mulai berjejeran baris untuk melakukan dokumentasi. Setelah itu, peserta diajak untuk melakukan persiapan checkout. Peserta pulang dengan keadaan lelah yang membahagiakan. Kenangan berujung tersimpan, ketika peserta makrab sampai pada rumah masing-masing.

Yogyakarta, 17 Agustus 2024

Teodulus Jonea Christworoaji
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2022
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA