Career Insight #11: Menjadi Mahasiswa Normal, Apa Iya?

Pada Jumat, 20 September 2024, telah diadakan virtual talkshow Career Insight ke-11 dengan narasumber Kak Agnes Puspitasari, Alumni Penerima Beasiswa KAMAJAYA Scholarship Angkatan 4 dan Alumni Program Studi Teknik Industri angkatan 2017. Saat ini, Kak Agnes bekerja sebagai PPIC Banan Associate di PT Sewu Segar Nusantara. Dalam presentasinya yang berjudul “Menjadi Mahasiswa Normal, Apa Iya?”, Kak Agnes memulai dengan memperkenalkan timeline kehidupannya, mulai dari perjalanan sekolah, kuliah, hingga akhirnya bekerja.

Kak Agnes berbagi kisah tentang masa kuliahnya yang penuh dengan kesempatan, salah satunya dengan menjadi asisten dosen sejak semester 4 hingga skripsi. Kak Agnes memanfaatkan fasilitas kampus untuk mengatasi keterbatasan resource pribadinya. Ia juga mendapatkan penghasilan tambahan dan membangun koneksi dengan dosen yang turut memperkaya pengalamannya sebagai mahasiswa.

Kak Agnes juga bercerita bagaimana ia bisa mendapatkan pekerjaannya saat ini berkat bantuan KAMAJAYA Scholarship. Pada saat itu, ia mengalami kendala dalam pembayaran syarat sidang, dan beasiswa KAMAJAYA Scholarship datang untuk membantu. Pengalaman dari rekrutmen hingga diterima di posisi saat ini juga ia bagikan. Kak Agnes menekankan pentingnya memahami materi perkuliahan sebagai fondasi menuju dunia kerja, terutama ketika menghadapi wawancara yang menanyakan sejauh mana pemahaman kita terhadap program studi. Hal ini, menurutnya, menjadi nilai tambah dalam menciptakan Competitive Advantage.

Dalam sesi tanya jawab, salah satu peserta bernama Angel menanyakan tips persiapan dunia kerja yang dapat dilakukan sejak masa kuliah. Kak Agnes menjawab bahwa kemauan untuk terus belajar, bekerja keras dan cerdas, serta berani menghadapi tantangan adalah kunci utama. Ia juga menyoroti tantangan di era sekarang yang semakin kompleks dengan adanya perkembangan AI, sehingga lulusan baru perlu adaptif dan terus meningkatkan keterampilan.

Virtual Talkshow ini memberikan banyak wawasan berharga, terutama bagi mahasiswa yang ingin mempersiapkan diri memasuki dunia kerja dengan cara yang cerdas dan strategis.

Diliput oleh:

Anastasia Widjaja

Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-
7

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA