KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: KERJA (dalam) KELOMPOK

Coretan Mahasiswa: KERJA (dalam) KELOMPOK

Bekerja dalam kelompok sepertinya terdengar mudah. Kita hanya perlu mengerjakan sedikit bagian untuk menyelesaikan tugas kelompok. Selain itu, bagian tersebut tampaknya juga tidak sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, banyak sekali yang lebih menginginkan atau menyukai tugas kelompok daripada tugas individu.

Sebagai mahasiswa semester enam, saya telah cukup banyak bekerja atau berada di dalam satu kelompok. Pengalaman yang saya miliki tentu saja bermacam-macam. Ada kelompok yang memiliki anggota rajin hingga kelompok dengan anggota yang malas. Tentu saja keduanya memiliki suka-duka yang berbeda. Kelompok rajin cenderung egois dan lupa jika kita sedang bekerja sama dalam tim.

Sementara itu, kelompok malas cenderung melupakan tugasnya dan muncul ketika tugas telah diselesaikan. Jika melihat dari pengalaman saya, saya merasa bahwa bekerja dalam kelompok tidak semudah yang dibayangkan. Kerja kelompok membuat kita harus mengatur diri kita sendiri untuk mengesampingkan ego dan menahan diri. Kita harus sebisa mungkin menghindari perdebatan dan mampu menerima pendapat orang lain. Hal ini dikarenakan kita memiliki misi untuk mencapai tujuan bersama bukan tujuan individu.

Oleh karena itu, kita dapat memahami kerja kelompok ternyata tidak semudah itu. Walaupun begitu, kerja kelompok menjadi tempat bagi kita untuk mengasah kemampuan bekerja dalam tim. Selain itu, mengasah kemampuan kita dalam menahan dan mengatur diri.

“Talent wins games, but teamwork and intelligence wins championships.”
-Michael Jordan-

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA