KAMAJAYA Scholarship / Coretan Mahasiswa  / Coretan Mahasiswa: Wanita Jangan Takut Bermimpi

Coretan Mahasiswa: Wanita Jangan Takut Bermimpi

Kita pasti tidak asing lagi ketika mendengar nama Kartini. Kartini adalah salah satu pahlawan nasional yang bergerak dalam dunia pendidikan. Dilansir dari kompas.com, Kartini merupakan seorang anak bupati Jepara yang merasakan diskriminasi gender dalam dunia pendidikan pada saat itu. Kartini merasakan jika perempuan tidak mendapatkan hak yang sama dengan laki-laki di dunia pendidikan. Oleh karena itu, Kartini melakukan segelintir usaha dalam memperjuangkan kesetaraan gender dalam dunia pendidikan.

Dewasa ini kita bisa melihat berbagai tokoh wanita inspiratif yang memberikan contoh bagi kaum wanita untuk tidak takut bermimpi dan terus mengejar mimpinya. Seperti misalnya, Ibu Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia ke-5. Megawati merupakan contoh lain bahwa wanita juga mampu menjadi seorang Pemimpin. Selain itu, ada juga Oprah Winfrey, salah satu tokoh wanita berpengaruh yang menunjukkan bahwa wanita juga dapat memiliki dampak yang hebat bagi dunia.

Kartini, Megawati, dan Oprah adalah contoh bagi kaum wanita untuk menyadari bahwa wanita dan laki-laki diciptakan sama adanya. Tidak ada perbedaan gender yang membuat wanita memiliki posisi lebih rendah dari laki-laki. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi kaum wanita untuk bermimpi setinggi mungkin. Entah untuk meraih pendidikan tinggi atau mungkin jabatan tinggi di tempat kerja.

Sumber gambar: https://www.liputan6.com/health/read/3946367/tak-banyak-tahu-ini-4-fakta-tentang-ra-kartini
Sumber tulisan : https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/13/120000369/biografi-ra-kartini-pejuang-emansipasi-perempuan?page=all

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA