KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Waktu Tuhan Pasti yang Terbaik

Kisah Penerima Beasiswa: Waktu Tuhan Pasti yang Terbaik

Saya Patricia Paramitha Suci, biasa dipanggil Mitha, mahasiswi Program Studi Akuntansi Angkatan 2017 yang telah berhasil menyelesaikan studi pada 6 Agustus 2021. Saya mengambil konsentrasi skripsi Akuntansi Keuangan dengan judul skripsi “Pengaruh Struktur Kepemilikan terhadap Manajemen Laba Riil pada Perusahaan Manufaktur dan Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019”. Inti dari skripsi saya adalah banyak pihak manajemen di perusahaan yang memodifikasi labanya supaya terlihat baik di depan investor dan publik. Dengan adanya struktur kepemilikan dalam perusahaan (kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, kepemilikan publik, dan kepemilikan asing), maka dapat meminimalisir tindakan manajemen untuk melakukan manajemen laba karena struktur kepemilikan memiliki peran pengawasan yang ketat terhadap perusahaan. Hasil penelitian saya yaitu struktur kepemilikan dinyatakan berpengaruh terhadap manajemen laba riil yaitu dapat meminimalisir tindakan manajemen untuk melakukan manajemen laba.

Awal mula, skripsi saya kerjakan pada bulan Maret 2021, dengan tahap awal yaitu mengumpulkan ide/judul kepada dosen pembimbing saya. Saya menyampaikan dua buah judul, dan pada hari itu juga dosen saya menerima judul saya yang pertama. Saya sangat senang karena saya bisa segera mengerjakan skripsi saya. Dosen saya memang sangat detail dan tertib terkait jadwal bimbingan. Jadwal bimbingan yang rutin seminggu sekali memacu saya untuk terus mengerjakan skripsi saya. Objek yang saya gunakan juga tidak memerlukan saya untuk datang ke lokasi karena saya menggunakan data sekunder dari Bursa Efek Indonesia, sehingga proses pengerjaannya pun bisa lebih cepat. Minggu-minggu pun berlalu dan Puji Tuhan, bimbingan saya dengan dosen pembimbing lancar tanpa halangan. Sehingga pada akhirnya, skripsi saya berhasil disetujui pada tanggal 24 Juni 2021. Kemudian, saya segera mendaftar pendadaran pada rentang 1-16 Juli 2021, sehingga mendapatkan jadwal pendadaran di tanggal 6 Agustus 2021.

Namun, di balik kelancaran proses pengerjaan skripsi saya ini, saat sedang menanti jadwal pendadaran, Tuhan memberikan hadiah kecil untuk saya. Pada hari Kamis, tanggal 29 Juli 2021, saya melakukan tes swab karena saya merasakan gejala demam tinggi dan radang tenggorokan semenjak hari Selasa. Ternyata, hasil menunjukkan bahwa saya positif Covid-19. Yang saya rasakan saat itu adalah kaget dan sedih, langsung terbayang bagaimana nasib saya saat pendadaran nanti, karena benar-benar di hari H-1 minggu pendadaran saya positif Covid-19. Tapi saya bersyukur karena pada waktu itu, Bapak dan Ibu negatif Covid-19. Karena kondisi saya yang lemas, saya diurus oleh kedua orang tua saya sehingga selang 3 hari kemudian, ibu saya ternyata juga positif Covid-19, dan selang 2 hari kemudian, bapak saya positif Covid-19. Akhirnya, kami bertiga isolasi bersama di dalam rumah dengan kamar yang terpisah. Saya kaget dan khawatir karena Bapak memiliki penyakit bawaan. Saya hanya berdoa kepada Tuhan agar kami bertiga diberi kekuatan dalam menjalani isolasi mandiri ini. Puji Tuhan, keadaan Bapak dan Ibu pun juga semakin membaik dari hari ke hari. Hari-hari pun berlalu dan kondisi saya juga semakin membaik. Dua hari sebelum ujian pendadaran, saya mencoba untuk mencicil belajar untuk persiapan pendadaran. Hari pertama belajar, yang saya rasakan kepala saya pusing sekali. Kemudian saya mencoba untuk istirahat sebentar dan saya lanjutkan esok harinya. Saya berdoa kepada Tuhan agar saya dikuatkan sampai pendadaran nanti tiba. Sebenarnya, dari pihak Kaprodi (Ketua Program Studi) sudah menyarankan saya jika tidak kuat, bisa mengundurkan diri dan mengikuti pendadaran di bulan September. Tapi, saya bersikeras untuk tetap ikut pendadaran di bulan ini karena mengingat target saya yang ingin lulus tepat waktu dan ingin meringankan orang tua supaya orang tua tidak perlu membayar SPP lagi. Lagi pula konsensi dari universitas juga sudah dihentikan, maka dari itu, saya bersikeras untuk ikut pendadaran di bulan ini.

Saya sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Tuhan Yesus, Bunda Maria, Santo Yudas Tadeus dan Santa Patricia, atas berkat-Nya saya bisa lulus tanpa revisi dengan nilai A di masa isolasi mandiri saya. Terima kasih juga atas dukungan dan doa dari keluarga terutama Bapak dan Ibu, serta kakak-kakak saya. Terima kasih saya ucapkan kepada Dosen Pembimbing skripsi saya yaitu Bapak Drs. I Gede Siswantaya, M.Si., CSA yang dengan sabar membimbing dari awal pengerjaan skripsi sampai saya lulus ujian pendadaran, yang selalu menguatkan saya ketika saya sakit. Terima kasih juga untuk Dosen Penguji pendadaran yaitu Ibu Pratiwi Budiharta, S.E., M.S.A., Ak., C.A., C.R.P. dan Pak Wimpie Yustino Setiawan, S.E., M.Comm. yang telah meluluskan saya atas ujian pendadaran pada tanggal 6 Agustus 2021 dan memberikan motivasi dan semangat untuk segera pulih dari sakit. Terima kasih juga saya ucapkan kepada Bapak dan Ibu Donatur serta Pengurus KAMAJAYA Scholarship yang senantiasa memberikan cinta dan kasihnya kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan studi kuliah ini dengan sukacita. Terima kasih banyak telah mewujudkan impian saya untuk menjadi Sarjana Akuntansi. Terima kasih banyak KAMAJAYA Scholarship.

Saya ingin berbagi tips untuk para pembaca terutama teman-teman yang sedang mengerjakan tugas akhir, yaitu terus mengerjakan skripsi/tugas akhir setiap hari, bukan hanya saat akan bimbingan dengan dosen pembimbing saja, tetapi dikerjakan kata tiap kata ditulis setiap harinya. Buatlah deadline sendiri setiap minggunya dan buat target untuk diri sendiri, sehingga bisa memacu untuk terus maju. Usahakan skripsi harus selalu berprogres, jangan sampai berhenti walaupun hanya sehari atau beberapa minggu bahkan berbulan-bulan, akan sulit untuk memulainya nanti. Jika ada kesulitan, jangan malu dan beri tahu dosen pembimbing, pasti akan diberi tahu masukan yang terbaik. Dan yang pasti, jangan lupa berdoa rutin karena keberhasilan kita juga merupakan anugerah dari Tuhan yang Maha Esa.

Pematangsiantar, 18 Juli 2021
Clara Sidauruk
Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Angkatan 2017
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-4

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA