KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Di Ujung Jalan

Kisah Penerima Beasiswa: Di Ujung Jalan

Selesai sudah perjuangan untuk menyelesaikan studi sarjana. Perjalanan panjang 4 tahun 2 bulan untuk menyelesaikannya. Tentu dalam perjalanan ini banyak sekali rintangan yang harus dilewati. Tidak hanya itu, perjalanan ini juga menguras air mata, tenaga, kesabaran, ketekunan dan emosi.

Saya mengambil tugas akhir pada Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 atau tepatnya pada saat Semester 8. Saya sudah sangat optimis bisa menyelesaikannya pada semester itu dan wisuda pada bulan Agustus 2021. Namun, Tuhan berkehendak lain. Saya harus mundur 2 bulan dari target. Rasanya sedih, kecewa, takut dan terus menyalahkan diri sendiri. Kenapa saya tidak bisa selesai padahal saya mengusahakan yang terbaik dan seoptimal mungkin?

Pada awal bimbingan, semua berjalan lancar mulai dari penentuan topik hingga sumber-sumber yang saya gunakan. Namun, semuanya menjadi sangat sulit saat saya harus mulai mengambil data lapangan. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang berkelanjutan membuat saya tidak bisa untuk pergi mengambil data. Saya mencoba menghubungi melalui email kepada proyek-proyek yang saya tuju, tetapi tidak ada balasan. Tugas akhir saya pun harus berhenti cukup lama karena data-data yang saya butuhkan masih sangat kurang. Akhirnya, menambah satu semester adalah jalan yang harus saya ambil.

Jujur saja, hal ini sangat berat karena semuanya jauh di luar bayangan sebelumnya. Di satu sisi, saya terpikirkan oleh biaya kuliah karena saya berpikir saya tidak akan mendapatkan perpanjangan beasiswa. Di sisi lain, ada rasa takut semester berikutnya saya juga tidak bisa menyelesaikannya kembali. Rasanya menjadi sangat campur aduk. Semuanya akhirnya saya serahkan kembali kepada Tuhan, karena saya percaya Tuhan juga akan membantu saya dengan cara yang tak terduga.

Satu demi satu masalah yang saya hadapi dapat teratasi. Mulai dari persoalan beasiswa, KAMAJAYA Scholarship masih memberikan kesempatan kepada saya untuk memperpanjang beasiswa selama 1 semester. Selanjutnya tepat beberapa hari sebelum pendaftaran terakhir seminar hasil penelitian bulan Juli 2021, Ketua Program Studi tiba-tiba membuat pengumuman bahwa akan ada pertemuan melalui media Microsoft Teams untuk membahas mengenai tugas akhir. Dalam pertemuan ini, dibahas juga bahwa tugas akhir pada semester berikutnya memiliki sistem yang berbeda karena adanya perubahan kurikulum.

Tentu ini sangat memudahkan saya untuk segera menyelesaikan studi saya. Tugas Akhir saya digantikan dengan merangkum 4 mata kuliah praktik, yaitu praktik perancangan jalan, praktik bangunan gedung, praktik bangunan air, dan praktik biaya dan waktu. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan rangkuman ini adalah 1 bulan. Setelah menyelesaikan rangkuman ini, akan dilakukan ujian layaknya ujian sidang skripsi berupa tanya jawab mengenai rangkuman laporan ini. Saya menyelesaikan rangkuman tersebut dengan baik sehingga dinyatakan layak untuk menempuh ujian. Pada saat ujian, semua berjalan lancar walaupun ada pertanyaan tidak bisa saya jawab dengan baik. Namun, saya yakin bisa lulus. Pada tanggal 29 Oktober 2021, akhirnya secara resmi saya dinyatakan lulus.

Pada kesempatan ini, pertama-tama saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Tuhan Yesus yang telah memberikan jalan terbaik yang tak pernah saya duga sebelumnya. Kepada kedua orang tua dan keluarga saya yang selalu mendukung dan memberi saya semangat untuk terus menyelesaikan Tugas Akhir. Kepada Romo Erwin dan Romo Agus yang sudah bersedia membimbing dan menjadi konselor saya selama menjadi penerima Beasiswa KAMAJAYA. Saya sangat bersyukur bisa didampingi secara rohani dan selalu mendapat peneguhan bahwa saya bisa menyelesaikan studi saya dengan baik. Dan kepada para donatur dan pengurus KAMAJAYA Scholarship yang telah sangat membantu secara finansial dan support yang luar biasa besarnya, mulai dari bantuan laptop, biaya sehari-hari dan biaya kuliah yang sangat besar manfaatnya bagi saya untuk melanjutkan dan menyelesaikan studi saya.

Akhirnya, hampir selesai sudah perjalanan saya menyelesaikan studi sarjana. Bulan November 2021 ini rencananya saya akan diwisuda. Selama menunggu wisuda, saya sudah mulai mencari lowongan pekerjaan, mengikuti beberapa sertifikasi ketekniksipilan. Untuk menyambung biaya hidup sehari-hari, saya berjualan makanan melalui media sosial. Segala perjalanan akan memiliki akhir, akhir yang baik maupun tidak, namun semuanya patut untuk disyukuri.

Titik ini adalah akhir perjalanan studi saya, namun juga sekaligus titik awal perjalanan saya yang baru, yaitu kehidupan dunia kerja nyata yang lebih menantang.

Yogyakarta, 8 November 2021

Anastasia Dayinta Adella
Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UAJY Angkatan 2017
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-3

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA