KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Sesuai Rencana

Kisah Penerima Beasiswa: Sesuai Rencana

Perjalanan tugas akhir saya, memang sudah saya rencanakan sejak dari Semester 5. Rencananya, saya akan mengambil tugas akhir di Semester 7, dengan harapan saya dapat lulus 3,5 tahun. Sebelum memasuki Semester 7, saya sudah menghubungi beberapa dosen yang berkemungkinan akan menjadi dosen pembimbing tugas akhir saya. Setelah saya mendapatkan dosen pembimbing, saya juga sudah mencicil untuk mencari topik yang nantinya akan saya bahas di tugas akhir saya.

Namun, saat sudah akan memasuki Semester 7, ada pemberitahuan bahwa ada perubahan kurikulum, di mana pada kurikulum baru tersebut ada perubahan mengenai aturan penulisan tugas akhir untuk prodi Teknik Sipil UAJY. Tugas akhir atau yang sering disebut sebagai skripsi, digantikan dengan Tugas Akhir Perancangan Infrastruktur. Tugas akhir ini dikerjakan secara kelompok bukan individu. Akibat perubahan kurikulum ini, saya kemudian sesegera mungkin mencari teman kelompok untuk pengerjaan tugas akhir ini. Beruntung saya mendapatkan teman kelompok yang mampu untuk bekerja sama.

Untuk pembagian dosen pengampu dan juga dosen pembimbing Tugas Akhir sudah ditentukan oleh program studi, sehingga pada Semester 7 yang lalu saya hanya tinggal mengikuti kelas tugas akhir tersebut. Ada 3 topik yang saya bahas dalam tugas akhir saya ini, yaitu pada bidang keairan, bidang transportasi, dan bidang manajemen konstruksi. Setiap satu minggu sekali, saya melakukan bimbingan untuk mengkonsultasikan hasil dari pengerjaan tugas akhir saya dengan dosen pembimbing. Puji Tuhan, setiap melakukan bimbingan tugas akhir mingguan tersebut saya diberikan kelancaran. Sampai akhir pengerjaan tugas akhir ini, saya tidak mengalami kendala apa pun. Saya bersyukur karena teman, keluarga, dan dosen juga sangat mendukung saya dengan baik.

Puji Tuhan! Lika-liku Semester 7 dengan tugas akhirnya, akhirnya dapat saya lewati dengan baik dan dapat saya kerjakan semaksimal mungkin. Selanjutnya, saya tinggal mempersiapkan diri untuk ujian pendadaran. Pada awalnya, kelompok saya dijadwalkan untuk ujian pada tanggal 5-6 Januari 2022. Namun karena ada kendala teknis, maka ujian kami diundur pada tanggal 13 Januari 2022. Pada saat ujian pendadaran, saya tidak mendapat kesulitan dalam memaparkan hasil tugas akhir saya. Saya dapat menjawab setiap pertanyaan dari dosen penguji saya dengan baik. Menurut saya, dosen penguji lebih banyak memberikan saya saran daripada memberikan saya pertanyaan. Namun, hasil uiian saya tidak langsung keluar pada saat itu juga, saya harus menunggu pengumuman resmi dari Tata Usaha terlebih dahulu untuk mengetahui nilai akhirnya. Kemudian pada tanggal 21 Januari 2022 yang lalu, saya dinyatakan lulus dengan nilai Tugas Akhir “A”.

Akhir kata, saya sangat berterima kasih kepada KAMAJAYA Scholarship yang telah memberikan uluran tangan kasihnya kepada saya, sehingga saya dapat tetap melanjutkan kuliah saya dan menyelesaikanya dengan baik. Ucapan terima kasih juga dari keluarga saya kepada KAMAJAYA Scholarship atas bantuan yang sudah diberikan. Untuk itu, saya akan terus berkomitmen untuk melakukan perbuatan kasih yang sama seperti dengan yang sudah dilakukan KAMAJAYA Scholarship kepada saya.

Yogyakarta, 26 Januari 2022

Yohanes Kuncoro Isprihan Jati
Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil UAJY Angkatan 2018

Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-3

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA