KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Ucapan Syukur

Kisah Penerima Beasiswa: Ucapan Syukur

Perkenalkan nama saya Mawar Diah Estiana, biasa dipanggil Tia. Saya merupakan Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan VI. Saya ingin sedikit bercerita pengalaman saya semasa kuliah dari awal saya menerima Beasiswa KAMAJAYA sampai dengan saya dapat lulus pendadaran pada tanggal 9 Juni 2023 yang lalu.

Saya mulai menerima Beasiswa KAMAJAYA pada Semester 7. Saya sangat berterima kasih kepada para donatur dan pengurus KAMAJAYA Scholarship atas bantuan finansial yang diberikan sehingga saya tidak khawatir dalam menjalankan perkuliahan selama dua semester terakhir ini. Semester 7 saya mengambil dua mata kuliah terakhir yaitu Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan Skripsi. Awal Semester 7 saya sedikit punya waktu luang dikarenakan masih menunggu dosen pembimbing skripsi. Waktu luang tersebut saya gunakan untuk mengajar di Laboratorium FBE UAJY di mana saya masih menjadi bagian dari asisten Laboratorium FBE UAJY.

Pada awal bulan September 2022 mulai diumumkan dosen pembimbing dan sosialisasi mengenai Skripsi. Puji Tuhan saya mendapatkan dosen pembimbing yang sesuai harapan saya dan sangat baik. Saya mulai bimbingan awal yaitu mengajukan judul, dan puji Tuhan judul saya disetujui sehingga saya dapat mulai mengerjakan proposal. Proses mengerjakan proposal saya lancar dan lanjut mengerjakan skripsi. Awal mengerjakan skripsi saya lalui tanpa kendala.

Saya sempat berhenti mengerjakan skripsi dikarenakan adanya acara pembekalan KKN dan persiapan KKN. Pembekalan KKN dilakukan selama 2 bulan, secara keseluruhan persiapan KKN berjalan dengan lancar. Tanggal 22 Desember 2022 merupakan penerjunan KKN di Gunung Kidul. Saya ditempatkan di Dusun Trenggono Lor, Sidorejo, Gunung Kidul. Saya bersyukur mendapatkan kelompok KKN yang sangat mendukung serta induk semang yang sangat baik yang kebetulan merupakan bapak lurah. Selama KKN, kami dipandu oleh bapak dukuh yang sangat baik sehingga semua program kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan lancar dan tersampaikan dengan baik.

Pemaparan sosialisasi Program Kerja Pribadi KKN.

Pada saat KKN, saya mendapatkan berbagai pengalaman yang mana saya dapat belajar cara untuk bersosialisasi, belajar menghormati dan menghargai perbedaan serta pentingnya rasa kepedulian antarsesama. Tidak hanya itu, saya juga belajar banyak tentang budaya yang ada di Gunung Kidul. KKN berlangsung sekitar 1 bulan. Tidak terasa, satu bulan berlalu sangat cepat dan tidak terasa saya dapat melalui semua itu dengan baik dan lancar, baik program kerja kelompok maupun program kerja pribadi.

Setelah KKN selesai, kegiatan saya selanjutnya yaitu melanjutkan skripsi saya. Waktu liburan saya gunakan untuk mengerjakan skripsi. Saat awal melanjutkan skripsi dapat saya lalui dengan baik. Namun, di pertengahan ketika saya mulai mengerjakan Bab 4, saya sempat mendapatkan kesulitan dalam data. Data yang saya miliki kurang tepat, hasilnya kurang memuaskan sehingga saya disarankan untuk mengganti data. Masalah tersebut cukup membuat saya sedikit pusing dan putus asa. Data yang saya olah selalu mendapatkan masalah dan hasilnya kurang memuaskan.

Saya juga sempat down dan sempat berpikir untuk mengganti judul. Namun, saya berpikir jika saya harus berhenti saya akan mundur waktu lulusnya. Hal tersebut merupakan pergumulan yang sulit bagi saya. Saya memutuskan untuk berusaha lebih keras lagi. Semua usaha saya lakukan hingga pada akhirnya puji Tuhan semua usaha dan doa saya tidak sia-sia. Saya dapat mengatasi masalah data saya walaupun sedikit terlambat.

Pelaksanaan Program Kerja Kelompok KKN.

Di Semester 8 ini rencana awal saya yaitu saya dapat daftar sidang di bulan Maret atau April 2023 dan dapat wisuda di bulan Mei 2023. Terlepas dari semua itu, saya tetap bersyukur karena saya mampu menyelesaikan skripsi saya dengan baik dan tepat waktu. Saya mulai mendaftar sidang pada bulan Mei 2023 yang merupakan langkah yang sangat membuat saya takut dan khawatir. Namun, dengan yakin saya beranikan diri untuk mendaftar ujian pendadaran dan jadwal mulai muncul yaitu 9 Juni 2023. Hari tersebut merupakan hari yang sangat penting bagi saya di mana perjuangan selama kuliah ini ditentukan di hari tersebut.

Pergumulan yang besar ketika saya mengetahui jadwal ujian pendadaran. Saya menjadi sangat tidak percaya diri dan takut untuk melalui ujian pendadaran. Setiap hari saya merasa khawatir dan takut. Namun, saya sangat bersyukur kembali saya mempunyai lingkungan yang baik dan selalu mendukung saya, terlebih dari semua itu saya mempunyai Tuhan Yesus yang sungguh luar biasa sangat menguatkan saya. Saat kurang dari seminggu jadwal ujian pendadaran saya lewati dengan mulai belajar presentasi dan belajar persiapan sidang. H-2 ujian pendadaran saya sempat sakit, yaitu asam lambung saya naik dan demam serta tidak nafsu makan sama sekali. Saya sangat bersyukur, saat saya sakit dan tidak nafsu makan namun H-1 ujian pendadaran saya dapat makan dan tidak muntah lagi dan saya persiapkan segala sesuatunya dengan penuh keyakinan dan berserah pada Tuhan untuk ujian pendadaran di hari besoknya. Hari H ujian pendadaran tepatnya 9 Juni 2023 pukul 09.30 WIB, saya masuk ruang ujian pendadaran sampai pada akhirnya pukul 12.15 WIB saya dinyatakan lulus. Saya sangat bersyukur untuk semua hal yang saya lalui selama di perkuliahan ini.

Akhir kata, terkhusus kepada Bapak/Ibu donatur dan pengurus KAMAJAYA Scholarship saya ucapkan banyak terima kasih atas dukungan finansial dan pembinaan selama saya kuliah. Sebelum menerima Beasiswa KAMAJAYA, saya sangat khawatir tentang masalah finansial dan sempat membebani saya dalam kuliah. Saya berharap kebaikan dan berkat yang diberikan kepada saya juga dapat dirasakan juga bagi mahasiswa lainnya yang sangat membutuhkan supaya mereka dapat melanjutkan perkuliahan mereka dengan penuh rasa semangat dan penuh harapan. Saya berharap juga KAMAJAYA Scholarship dapat berkembang menjadi lebih baik ke depannya dan kiranya kasihnya selalu terpancar.

Sekian dari saya dan saya ucapkan terima kasih kembali kepada seluruh bapak/ibu donatur dan pengurus KAMAJAYA Scholarship. Tuhan Yesus Memberkati.

Yogyakarta, 17 Juni 2023

Mawar Diah Estiana
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan UAJY Angkatan 2019
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA