KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Berkat Tuhan yang Luar Biasa

Kisah Penerima Beasiswa: Berkat Tuhan yang Luar Biasa

Saya dapat berdiri sampai di titik ini, karena kasih dan berkat Tuhan melalui perantara orang-orang baik yang memberi saya kesempatan menyelesaikan perkuliahan.

Perkenalkan nama saya Jenni Yolanda Sagala. Saya merupakan mahasiswa angkatan 2019 Fakultas Teknobiologi UAJY. Saya menerima Beasiswa KAMAJAYA, menjelang tahun ke-3 perkuliahan atau di Semester 5. Pada masa itu, keadaan seluruh dunia tidak baik-baik saja karena pandemi COVID-19, yang juga sangat berdampak bagi ekonomi keluarga. Berbagai permasalahan sedang terjadi di keluarga. Saat-saat itu merupakan fase perkuliahan yang cukup berat karena mulai masuk ke peminatan dan banyak praktikum serta begitu banyak laporan yang harus diselesaikan dalam satu minggu.

Ketika saya mulai berpikir, apakah saya mampu menyelesaikan pendidikan saya hingga lulus? Saya diberi jalan oleh Tuhan, melalui informasi mengenai pendaftaran KAMAJAYA Scholarship, dan Puji Tuhan saya menjadi salah satu anak yang beruntung dapat menerima Beasiswa KAMAJAYA. Setelah menerima Beasiswa KAMAJAYA, saya semakin merasa yakin bahwa jalan Tuhan memang selalu ada, saya akan berusaha membuktikan bahwa dapat menyelesaikan perkuliahan dengan baik dan tepat waktunya.

Tibalah waktunya di Semester 6, saya harus kembali ke Yogyakarta untuk melaksanakan perkuliahan secara hybrid, lalu mengambil mata kuliah KKN. Pada masa itu, saya adalah angkatan terakhir yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara online. Walaupun KKN online, semua program kerja dapat terlaksana dengan maksimal. Namun, saya tidak beruntung karena tidak dapat berkenalan secara langsung dengan teman-teman KKN.

Semester 6 saya akhiri dengan melaksanakan Kerja Praktik (KP), sebagai salah satu syarat untuk mengambil mata kuliah skripsi. Saya mulai mencari-cari lokasi yang membuka kesempatan KP bagi mahasiswa Biologi Semester 6. Puji Tuhan, saya diterima untuk melaksanakan KP di Dinas Lingkungan Hidup Daerah Istimewa Yogyakarta, dan ditempatkan di Laboratorium Mikrobiologi, Balai Laboratorium Lingkungan. Saya melaksanakan KP selama 1 bulan, lalu berhasil menyusun laporan KP dan melaksanakan ujian KP pada semester 7.

Semester 7 saya melaksanakan ujian KP dan ujian Seminar Proposal. Saya berusaha memanfaatkan waktu dengan maksimal, agar dapat segera melaksanakan penelitian skripsi di Semester 8. Awalnya, saya ragu untuk memutuskan topik apa yang akan saya teliti dalam skripsi, karena terbentur akan biaya-biaya yang dibutuhkan saat penelitian. Saya menyukai mikrobiologi, namun ketika saya mulai menghitung perkiraan biaya yang akan dibutuhkan, saya harus berpikir ulang untuk mengambil topik tersebut.

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan, saya mengambil topik penelitian mengenai kualitas pupuk organik cair. Penelitian ini saya pilih karena menggunakan bahan-bahan organik yang lebih terjangkau dan mudah didapat. Namun walaupun lebih terjangkau, tetap membutuhkan dana yang cukup besar, karena beberapa uji membutuhkan pengujian di luar Fakultas Teknobiologi UAJY. Pengujian di luar Fakultas membutuhkan waktu relatif lebih lama dan mahal, sehingga saya mencoba mengajukan permohonan dana penelitian di KAMAJAYA Scholarship. Berkat Tuhan tak henti-hentinya menyertai saya, dengan kebaikan para donatur, proposal permohonan dana saya disetujui, sesuai dengan nominal yang saya inginkan tanpa dikurangi. Saya merasa sangat terharu dan semangat untuk cepat-cepat memulai penelitian.

Melakukan Uji Mikrobiologi.

Sambil memanfaatkan waktu penelitian, saya menjadi asisten praktikum bagi mahasiswa Semester 4. Hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga bagi saya, dan menambah pemasukan dana untuk penelitian. Bulan Januari 2023, saya memulai persiapan penelitian, sampai dengan bulan Juli 2023. Banyak hal terjadi dalam proses penelitian, banyak yang tidak sesuai dengan rencana awal.

Melakukan Sterilisasi.

Banyak pula air mata yang berjatuhan ketika melaksanakan penelitian. Hasil uji yang lama ditunggu, namun ketika sudah keluar, hasilnya tidak sesuai dengan harapan sehingga harus dilakukan pengulangan berkali-kali. Di tengah-tengah proses penelitian, saya disarankan kembali oleh dosen, untuk menguji kualitas pupuk secara mikrobiologi. Satu sisi saya sangat senang dan mulai berpikir kembali bahwa dana yang saya peroleh harus dibagi-bagi dengan maksimal. Saya melakukan uji mikrobiologi di Laboratorium FTb UAJY, pagi-siang-malam lembur di laboratorium, namun akhirnya saya memperoleh hasil uji dengan baik.

Melakukan Proses Fermentasi.

Pengujian di luar fakultas yang membutuhkan waktu lama, membuat saya takut. Takut karena hasilnya kembali tidak bagus, dan takut akan mempengaruhi waktu kelulusan saya. Akhirnya saya menerima hasil uji, namun tetap tidak sesuai harapan. Saya berkonsultasi kembali dengan dosen pembimbing, akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan hasil tersebut. Saya melakukan pengolahan data dan menyusun Bab 4, pada bulan Juli 2023. Dengan sisa waktu yang sangat terbatas, saya berusaha semaksimal mungkin agar dapat mendaftar pendadaran di Bulan Agustus 2023. Awalnya saya merasa mustahil dan putus asa, dapat menyelesaikan laporan skripsi hanya dengan 3 minggu. Namun, saya masih diberikan kesempatan untuk menyelesaikan skripsi pada akhir Juli 2023 dan disetujui untuk mendaftar pendadaran di detik-detik akhir batas penutupan pendaftaran.

Setelah berbagai lika-liku perjalanan penelitian hingga penulisan naskah skripsi, saya akhirnya berhasil melaksanakan ujian pendadaran pada tanggal 18 Agustus 2023. Hampir saja saya terlambat menyelesaikan pendidikan dan harus melalui Semester ke-9. Namun dengan berdoa dan berusaha, saya mampu mengejar ketertinggalan tersebut. Saya sangat bersyukur bisa sampai di tahap ini. Saya akan berusaha menjadi alumni KAMAJAYA Scholarship yang baik dan mulai menabur apa yang telah saya terima pada adik-adik yang membutuhkan uluran tangan.

Kehadiran KAMAJAYA Scholarship telah memberi warna baru dalam hidup saya. Saya dibimbing dengan baik oleh Suster, Romo, dan Bapak Ibu pengurus KAMAJAYA Scholarship. Tak henti-hentinya saya mengucapkan terima kasih kepada para donatur, pengurus, dan konselor di KAMAJAYA Scholarship yang selalu menjadi perpanjangan tangan Tuhan. Semoga KAMAJAYA Scholarship semakin maju dan semakin menjadi wadah berkat bagi seluruh putra-putri bangsa.

Yogyakarta, 28 Agustus 2023

Jenni Yolanda Sagala
Mahasiswa Program Studi Biologi UAJY Angkatan 2019
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA