KAMAJAYA Scholarship / Penerima Beasiswa  / Periode 2022/2023  / Penerima Beasiswa KAMAJAYA : Verena Nindita Diva Listyanti

Penerima Beasiswa KAMAJAYA : Verena Nindita Diva Listyanti

Verena Nindita Diva Listyanti

Tanggal Lahir:
Kota Asal:
Studi:

18 Mei 2002

Yogyakarta

Fakultas Teknobiologi Prodi Biologi semester 5 (Oktober 2023)

Verena Nindita Diva Listyanti

Mahasiswi Fakultas Teknobiologi UAJY Prodi Biologi

Anugerah yang Luar Biasa

Halo, namaku Verena Nindita Diva Listyanti. Aku biasa dipanggil Verena atau Diva. Aku lahir di Yogyakarta tanggal 11 Mei 2002. Aku dua bersaudara dan aku adalah anak pertama. Ayah dan ibuku membuka usaha warung sembako kecil-kecilan di rumah. Dengan membuka warung sembako kecil-kecilan di rumah, bisa menghasilkan uang bagi keluarga kami. Sejak kecil, aku dididik oleh orang tuaku untuk mandiri dan disiplin. Semua yang aku inginkan harus didapatkan dengan usaha, tidak bisa dengan cara yang instan, karena semuanya butuh waktu.

Semasa TK, aku mengikuti lomba-lomba yang diadakan oleh sekolah, begitu pun pada saat aku SD. Aku sekolah di SD Pangudi Luhur Yogyakarta. Saat SD pun aku mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah, dengan tujuan agar aku bisa mengembangkan bakat yang aku punya. Karena aku senang dengan bernyanyi, maka aku ikut kegiatan bernyanyi di sekolah. Ayah dan ibuku sangat mendukungku untuk mengikuti lomba-lomba, jadi semasa TK aku selalu mengikuti lomba-lomba yang diadakan di TK-ku. Pada saat TK, guru TK-ku selalu mengajakku untuk mengikuti kegiatan lomba, mulai dari lomba menyanyi, lomba drumband, dan masih banyak lagi.

Menginjak SMP, aku bersekolah di SMP Budya Wacana Yogyakarta. Di SMP pun aku juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Pada saat itu, aku sempat mengisi salah satu acara TV yaitu TVRI Jogja bersama dengan teman-temanku dalam acara “Dolanan Anak”. Di acara itu, aku dan teman-teman bernyanyi untuk mengisi acara tersebut. Pada saat ditampilkan di televisi rasanya senang sekali. Dengan mengisi acara tersebut, aku bisa mendapatkan uang sedikit demi sedikit. Dan akhirnya aku tahu, betapa sulitnya mencari uang. Waktu kelulusan SMP, aku juga mengisi liburanku dengan berjualan. Pada saat itu, yang sedang “booming” adalah masker wajah. Jadi, aku menjual masker wajah. Saat itu, aku sangat senang, karena aku bisa memperoleh hasil jualanku dalam sehari yang cukup banyak untuk anak SMP. Saat sudah mendekati masuk sekolah pertama di SMA, maka aku berhenti untuk berjualan, dan aku fokus untuk sekolah.

Beranjak SMA, aku bersekolah di SMA Pangudi Luhur Yogyakarta. Masa SMA merupakan masa-masa kita beranjak dewasa. Semasa SMA, aku juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh sekolah. Karena aku suka dengan bernyanyi, maka ketika aku SMA, aku mengikuti kegiatan bernyanyi. Aku ingin mencoba hal-hal yang baru, maka aku juga mengikuti kegiatan sekolah berupa jurnalistik. Menurutku kegiatan jurnalistik ini sangat seru, dan aku bisa mendapatkan banyak hal yang sebelumnya aku belum tahu. Masa-masa SMA adalah masa-masa yang paling menyenangkan.

Sebelum aku menginjak masa kuliah, aku dulu ingin sekali masuk ke sekolah perawat. Mengapa aku memilih sekolah perawat? Karena pada saat itu aku punya impian bahwa ketika aku menjadi perawat, maka aku akan melayani sesamaku, dan sudah pasti aku melayani Tuhan. Menurutku, melayani sesama adalah hal yang menyenangkan. Namun, kedua orang tuaku mengarahkanku untuk masuk ke UAJY, karena banyak alumni-alumni UAJY yang bekerja di perusahaan-perusahaan besar.

Di awal pandemi, ibu dan ayahku membuka usaha warung sembako kecil-kecilan di rumah. Kesibukanku ketika pandemi adalah membantu kedua orang tuaku untuk berjualan. Semasa pandemi, aku juga berjualan. Sebelum berjualan, aku memikirkan modal untuk usahaku. Aku membutuhkan modal dan aku tidak ingin merepotkan kedua orang tuaku. Aku memutuskan untuk menjual sepatu, dan akhirnya aku mempunyai modal untuk berjualan.

Selama masa kuliah ini, aku juga berjualan, untuk menambah uang saku. Apabila aku membutuhkan sesuatu yang harus aku beli, jadi aku bisa membelinya sendiri, tanpa harus meminta kedua orang tuaku. Aku mempunyai niat untuk berkuliah dengan sungguh-sungguh di jurusan yang aku pilih dan tidak ingin mengecewakan orang tuaku yang berjuang dan berusaha keras untuk memperjuangkanku dan juga adikku.

Aku sangat bahagia dan sangat bersyukur kepada Tuhan yang telah memberikanku kesempatan untuk menerima Beasiswa KAMAJAYA sehingga aku bisa terus melanjutkan dan menyelesaikan kuliahku di UAJY. Aku akan berusaha untuk dapat berkontribusi di KAMAJAYA Scholarship.

Aku dan keluargaku setelah makan bersama. Aku yang menggunakan topi berwarna krem.
Aku yang memakai kebaya warna putih. Ini setelah aku dan temanku mengisi acara “Dolanan Anak” di TVRI Jogja.
Aku yang memakai baju batik warna ungu. Foto ini ketika aku mengisi acara Hari Batik Nasional di JEC.
Ini adalah aku.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA