KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Testimoni: Berjuang Tanpa Batas: Ketika Mimpi Memanggil Jiwa

Testimoni: Berjuang Tanpa Batas: Ketika Mimpi Memanggil Jiwa

Halo, perkenalkan nama saya Gumelang Axel Bramesta. Panggil saja saya Axel, saya merupakan salah satu Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan VI dari Program Studi Ekonomi Pembangunan Angkatan 2019. Melalui tulisan ini, saya hendak berbagi tentang perjalanan saya dari mulai mendapatkan beasiswa ini hingga pada akhirnya bisa menyelesaikan studi.

Singkat cerita, pada Semester 5 di masa Pandemi COVID-19, memberikan pengaruh yang negatif terhadap hampir segala sektor secara global. Bahkan sampai terdampak kepada lini kehidupan yang paling kecil yakni di lingkup finansial keluarga, tak terkecuali memberikan dampak yang besar terhadap perekonomian keluarga saya. Lantas, waktu itu saya masih mencoba untuk mencari tahu informasi tentang beasiswa dan hingga akhirnya saya direkomendasikan oleh salah satu dosen saya untuk mendaftarkan diri di KAMAJAYA Scholarship. Tak lama kemudian, saya melengkapi semua berkas, mengikuti tahap seleksi, dan pada akhirnya saya diterima menjadi Penerima Beasiswa KAMAJAYA di semester 7.

Pengumuman Penerima KS Angkatan ke-6.

Dengan memperoleh beasiswa ini, saya merasa mendapatkan jembatan untuk bisa menyelesaikan studi saya. Saya dihadapkan dengan banyak situasi hidup yang menekan, apalagi pasca Papa saya meninggal rasanya perjalanan hidup menjadi lebih berat. Namun, saya selalu mengingatkan diri setiap kali saya mau menyerah dengan keadaan, bahwa ada mimpi dan harapan besar yang menanti di kemudian waktu. Kita tidak boleh dikuasai oleh keadaan, tapi kitalah yang harus menguasai keadaan.

Satu per satu langkah saya mencoba untuk selesaikan dan dengan menerima beasiswa ini saya menjadi lebih hati-hati dan meningkatkan tanggung jawab saya di perkuliahan. Tuhan memang selalu membuka jalan! Di Semester 7, saya dipercayakan oleh fakultas untuk menjadi Asisten Laboratorium FBE UAJY. Kemudian mengambil 1 mata kuliah wajib, 1 mata kuliah pilihan dan KKN yang diakumulasikan menjadi 9 SKS yang saya tempuh di semester ini. Dalam pekerjaan sebagai asisten dosen di Laboratorium FBE UAJY, saya mengampu banyak kelas dengan 3-4 mata kuliah yang berbeda. Memperoleh pengalaman baru yang berharga sekaligus bermakna karena dapat berbagi ilmu kepada adik-adik tingkat. Saya juga bisa lebih paham dalam rupa aplikatif dari materi dan teori yang saya peroleh di semester-semester sebelumnya.

Kemudian di akhir tahun tepatnya di tanggal 22 Desember 2022, saya memulai kegiatan KKN di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul bersama kelompok. Kebetulan dalam kegiatan KKN ini, saya dipercayakan menjadi ketua kelompok dan bisa belajar untuk memimpin tim yang berasal dari program studi yang berbeda. Beruntung sekali bisa mendapatkan anggota-anggota tim yang solid dan bisa bekerja sama. Untuk biaya KKN sendiri sudah dibayarkan oleh KAMAJAYA Scholarship.

Kemudian masuk di Semester 8, saya masih melanjutkan kontrak menjadi Asisten Dosen Laboratorium dan tinggal mengambil Tugas Akhir Skripsi yang berbobot 4 SKS. Di bulan Maret 2023, saya sudah memulai riset pendahuluan untuk menyusun proposal Tugas Akhir saya. Setelah beberapa bulan saya mengumpulkan data yang cukup untuk diajukan ke dosen pembimbing, akhirnya topik penelitian saya diterima pada bulan Mei 2023. Topik penelitian saya berjudul “Analisis Pengaruh Tingkat Pengangguran Terbuka Terhadap Pembangunan Gender Menurut Provinsi di Indonesia. Periode: 2017-2021”.

Ujian Pendadaran 4 Agustus 2023.

Dinamika penyusunan skripsi juga tidak mudah, ada banyak tantangan dan juga revisi yang diberikan oleh dosen pembimbing. Namun, saya tetap harus mengejar target masa kuliah maksimal 4 tahun. Dengan konsultasi yang rutin dan juga bertahap, pada akhirnya saya dinyatakan telah memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri ke ujian pendadaran di bulan Agustus 2023. Pada tanggal 4 Agustus 2023, saya melaksanakan ujian pendadaran dan puji Tuhan semua berjalan lancar berkat dukungan doa dan moril yang diberikan oleh orang-orang terdekat.

Jika melihat ke belakang, pastinya saya merasa bangga karena telah melewati berbagai tantangan dalam perkuliahan dan pencapaian hingga di titik ini. Setiap orang punya hak untuk berjuang dan sukses mewujudkan mimpinya. Setiap orang akan selalu mendapatkan jalan jika terus berusaha. KAMAJAYA Scholarship memang tidak mengantarkan saya di pintu gerbang masuk perkuliahan, tetapi KAMAJAYA Scholarship datang menjadi batu pijakan terakhir saya di penghujung perkuliahan hingga saya menyelesaikan Skripsi dan bisa sampai lulus yudisium. Semua karena kemurahan Tuhan dan selalu yakin pada diri sendiri. Cobalah untuk berani mengambil setiap peluang yang ada, karena kesempatan yang sama tidak akan datang dua kali.

Akhir kata, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan mendukung proses perkuliahan saya. Teristimewa dalam hal ini kepada Bapak/Ibu donatur, Pengurus dan teman-teman Penerima Beasiswa KAMAJAYA yang telah banyak membantu memberikan bantuan dana, pikiran, waktu dan usaha. Sekiranya kebaikan hati Bapak/Ibu donatur, Pengurus dan teman-teman Penerima Beasiswa KAMAJAYA boleh diberkati Tuhan. Harapannya, semoga KAMAJAYA Scholarship bisa menjadi wadah yang dapat memberikan manfaat bagi lebih banyak mahasiswa lagi yang membutuhkan bantuan biaya pendidikan di masa mendatang.

Tuhan Yesus memberkati. Terima kasih KAMAJAYA Scholarship!

Yogyakarta, 21 Oktober 2023

Gumelang Axel Bramesta
Mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan UAJY Angkatan 2019
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA