KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Membangun Relasi

Opini: Membangun Relasi

Di masa perkuliahan saat ini, sangat penting untuk membangun relasi. Baik relasi antara dosen ataupun rekan pertemanan. Relasi itu dibutuhkan bukan sekedar untuk menunjang akademik melainkan untuk memperluas wawasan, membuka peluang, serta menambah pengalaman. Relasi di dalam dunia perkuliahan sangat bermanfaat karena mahasiswa dapat saling bertukar informasi seputar tugas kuliah, dosen, bahkan tips belajar antara teman yang satu dengan yang lain.

Relasi pertemanan itu tidak sulit untuk didapatkan melainkan dari diri kita sendiri yang mau atau tidak membuka diri untuk berteman dengan siapa saja. Ada yang sifatnya gampang akrab dan ada juga yang introvert. Orang yang introvert biasanya lebih suka dalam kesendirian dan biasanya mereka akan lebih cepat ketinggalan informasi. Orang yang sifatnya gampang akrab pasti akan mudah dalam menjalani perkuliahan karena mereka banyak mendapatkan informasi seputar perkuliahannya dengan cepat.

Mendapatkan relasi tidak hanya dengan cara formal seperti mengikuti organisasi, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), ataupun kelompok studi. Relasi dapat dimulai dari hal sederhana misalnya kita sedang mengikuti diskusi kelompok atau duduk sebangku dengan teman sekelas. Dari hal itu sudah dapat membangun relasi pertemanan. Akan tetapi di satu sisi lain, ada orang yang sulit untuk membaur dengan orang baru karena merasa sungkan, kurang percaya diri, bahkan lebih suka menutup diri. Kita hanya perlu sikap terbuka dan ramah terhadap orang lain untuk membangun relasi.

Relasi dengan dosen juga dibutuhkan dalam perkuliahan. Relasi tersebut dapat menambah poin plus terhadap diri kita dalam penilaian dosen. Kita bisa jadi ditunjuk untuk menjadi asisten dosen ataupun kita mendapatkan tawaran untuk bekerja menjadi student staff. Dosen dapat membantu untuk mengarahkan kita terhadap minat dan bakat yang kita miliki. Dosen juga dapat membantu kita dalam menjalankan bimbingan saat hendak skripsi ataupun sedang memiliki project tugas akhir. Mereka dapat memberikan saran serta kritikan yang sesuai untuk menunjang peyelesaian tugas kita.

Dengan demikian, membangun relasi di perkuliahan tidak hanya sekadar untuk menambah teman melainkan membuka peluang baru untuk menjalani kehidupan yang akan mendatang. Relasi dengan teman dan dosen di dalam perkuliahan juga akan membantu kita untuk menjalankan perkuliahan serta membentuk jaringan sosial. Meskipun membangun relasi itu tidak mudah bagi semua orang, langkah pertama kita harus yakin dengan diri kita sendiri dan mau untuk terbuka dengan orang lain serta memulai interaksi dengan hal sederhana seperti mengobrol ataupun diskusi kelompok.

Yogyakarta, 27 September 2024

Titania Eka Wulandari Kusuma Astuty
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2023
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-8

Image by Anemone123 from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA