KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Keluarga Alumni UAJY Luncurkan KAMAJAYA Scholarship
launching-kamajaya-scholarship

Keluarga Alumni UAJY Luncurkan KAMAJAYA Scholarship

KAMAJAYA Scholarship LogoYogyakarta—Informasi dari Kantor Keuangan UAJY pada Mei 2017 mengatakan bahwa ratusan mahasiswa UAJY menunggak uang kuliah hingga mencapai milyaran rupiah setiap tahunnya. Ini fakta bahwa mahasiswa UAJY berasal dari berbagai kalangan, termasuk dari keluarga kurang mampu.

Melihat fenomena ini, Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) meluncurkan Program KAMAJAYA Scholarship di Student Lounge Gedung Thomas Aquinas, Yogyakarta, Senin (31/7/2017).

Acara peluncuran dihadiri Rektor UAJY Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, Wakil Ketua Umum KAMAJAYA Pius Izak Dumatubun, Ketua KAMAJAYA Scholarship Rogatianus Maryatmo, pengurus pusat KAMAJAYA dan sejumlah alumni UAJY.

[image_with_text image=”803″]Ket. foto : Rektor UAJY, Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, SH., M.Hum didampingi Wakil Ketua Umum KAMAJAYA Drs. Pius Izak Dumatubun, MM. dan Petrus Suryadiputra Swarnam memukul gong sebagai tanda peluncuran KAMAJAYA Scholarship.[/image_with_text]

Menurut ketua KAMAJAYA Scholarship Rogatianus Maryatmo, program KAMAJAYA Scholarship merupakan program beasiswa abadi untuk mahasiswa UAJY. “Pengembangan karakter dan kompetensi bagi para penerima Beasiswa KAMAJAYA menjadi fokus utama. Alumni dari program ini terus berkembang bersama KAMAJAYA dan menjadi donatur bagi adik-adik penerima Beasiswa KAMAJAYA selanjutnya,” papar Maryatmo.

Maryatmo menambahkan, KAMAJAYA Scholarship memiliki visi menjadi Komunitas Pemberi dan Penerima Beasiswa KAMAJAYA yang berjiwa Unggul, Inklusif, dan Humanis, serta mampu memberi kontribusi yang nyata kepada nusa dan bangsa melalui pelayanan dalam cahaya kebenaran.

[image_with_text image=”802″]Ket.foto : Wakil Ketua Umum KAMAJAYA Drs. Pius Izak Dumatubun, MM. memberikan kata sambutan.[/image_with_text]

KAMAJAYA Scholarship mengusung tiga misi. Pertama memberikan beasiswa pendidikan sarjana di Universitas Atma Jaya Yogyakarta kepada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu yang mempunyai potensi akademis yang baik. Kedua, menyiapkan calon pemimpin masa depan (future leaders) yang memiliki karakter yang kuat dan memiliki kompetensi yang baik. Ketiga, menjadi program beasiswa abadi karena alumni dari program ini terus berkembang menjadi donatur bagi adik-adik penerima Beasiswa KAMAJAYA selanjutnya.

Hal menarik dari KAMAJAYA Scholarship adalah beasiswa ini mengusung konsep beasiswa abadi. “Cara kerjanya, alumni UAJY urunan bareng-bareng. Besaran sesuai dengan kemampuan (misalnya 50 ribu per bulan, 100 ribu per bulan, 500 ribu rb per bulan, dan seterusnya) untuk membiayai adik-adik mahasiswa UAJY sampai lulus. Jika sudah lulus dan bekerja atau mempunyai penghasilan, maka adik-adik penerima Beasiswa KAMAJAYA wajib ‘mengembalikan’ beasiswa yang diterimanya selama studi di UAJY dengan ikut urunan bersama alumni-alumni yang sudah ada,” jelas Maryatmo.

Maryatmo menambahkan, besarnya pengembalian ditentukan sebesar dua kali lipat. “Satu mahasiswa dibiayai, maka mahasiswa yang bersangkutan akan mengembalikan plus membiayai satu mahasiswa lagi. Kita harapkan dana ini akan terus bergulir dan berkembang seperti deret ukur. Satu mahasiswa menjadi dua, dua menjadi empat dan empat menjadi delapan, dan seterusnya,” ujar Maryatmo. Dengan system ini, ujar Maryatmo, bukan hal yang tidak mungkin, jika suatu saat semua mahasiswa UAJY adalah penerima Beasiswa KAMAJAYA.

[image_with_text image=”801″]Ket. foto : Ketua KAMAJAYA Scholarship, Dr. Rogatianus Maryatmo mempresentasikan Konsep KAMAJAYA Scholarship.[/image_with_text]

KAMAJAYA Scholarship memiliki sejumlah keunggulan, meliputi pembinaan karakter, ketersediaan jaringan, terbukanya peluang untuk masa depan, pendampingan rohani dalam bentuk bimbingan dan konseling.

“Selain keunggulan di bidang pembinaan karakter (softskills), KAMAJAYA Scholarship adalah beasiswa penuh yang meng-cover seluruh biaya studi di UAJY (maksimal empat tahun atau delapan semester), meliputi SPP Tetap, SPP Variabel, dan biaya-biaya lainnya terkait akademik misalnya Biaya KKN dan Biaya Wisuda. KAMAJAYA Scholarship juga memberikan bantuan untuk biaya hidup, biaya kost/asrama, biaya buku, asuransi kesehatan dan lain-lain yang diberikan berdasarkan asas keadilan,” papar Maryatmo.

KAMAJAYA Scholarship dikelola secara online melalui situs http://asoka.kamajaya.id. ASOKA (Aplikasi Scholarship Kamajaya) adalah program database online untuk pengelolaan KAMAJAYA Scholarship. ASOKA memberikan kemudahan donatur untuk mengakses data pribadi, laporan kemajuan studi, laporan bimbingan dan konseling penerima beasiswa. Donatur juga dapat melihat laporan donasi, konfirmasi transfer hingga mencetak kwitansi pembayaran donasi secara mandiri. ASOKA terkoneksi dengan Program KAMAJAYA Career Centre (KCC) dan KAMAJAYA Business Club (KBC)

Informasi lebih lanjut mengenai KAMAJAYA Scholarship:

www.kamajaya.id
www.asoka.kamajaya.id
http://www.facebook.com/groups/KAMAJAYAscholarship
email: scholarship@kamajaya.id

PIC KAMAJAYA Scholarship

Rogatianus Maryatmo
WA +62-812-2695-870
maryatmo@gmail.com

Hadi Santono
WA +64-21-180-1744
hadi.santono@gmail.com

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA