Kilas Balik

Anak-anak yang dari keluarga tidak mampu untuk hidup saja harus berjuang apalagi bisa kuliah. Tidak mudah bagi mereka di saat hampir semua pemberi beasiswa HANYA TERTARIK pada anak yang cerdas. Mereka cenderung akan selalu kalah bersaing dengan anak-anak dari keluarga mampu yang lebih punya kemampuan finansial, kesempatan dan fasilitas untuk meraih beasiswa. KAMAJAYA Scholarship adalah beasiswa yang menjadi option for the poor. (Hadisantono, konseptor KAMAJAYA Scholarship)

Berawal dari sebuah passion untuk memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga tidak mampu secara finansial agar tidak putus kuliah, Keluarga Alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta (KAMAJAYA) mendirikan Beasiswa KAMAJAYA atau KAMAJAYA Scholarship pada tanggal 31 Juli 2017 di bawah lindungan Santo Ignasius dari Loyola. Beasiswa KAMAJAYA adalah beasiswa yang benar-benar berbeda dari beasiswa pada umumnya. Beasiswa KAMAJAYA adalah beasiswa PENUH yang menanggung semua biaya kuliah hingga lulus sarjana termasuk biaya hidup, biaya asrama/kost, dan lain-lain (tentu saja bertahap, ada syarat dan ketentuan yang berlaku) supaya mahasiswa-mahasiswa tersebut dapat fokus kuliah dan punya masa depan yang lebih baik. Jadi sasaran Beasiswa KAMAJAYA adalah mahasiswa tidak mampu yang mempunyai potensi akademik memadai, syukur-syukur kalau ada yang pintar/cerdas dengan IP tinggi. Persyaratan IP harus ada supaya ada motivasi dan lulus tepat waktu, namun bukan yang utama.

Segala sesuatu selalu sulit pada awalnya, demikian juga dengan KAMAJAYA Scholarship ini. Dimulai hanya dengan Rp 500.000,- sebagai setoran awal untuk buka rekening yang merupakan donasi dari seseorang. Belum terpikir bagaimana dana akan terkumpul. Hanya dengan modal keyakinan bahwa gerakan ini akan berhasil, disambut dan didukung seluruh alumni UAJY. Namun nyatanya banyak juga yang menyangsikan … bahkan komentar-komentar negatif pun bermunculan … melemahkan semangat. Meskipun demikian para pengurus tetap berkomitmen untuk mengelola KAMAJAYA Scholarship dengan sungguh-sungguh sehingga program ini dapat berkembang dengan baik. Siapa sangka donasi yang kelihatan tidak seberapa, katakanlah Rp 10.000, Rp 50.000 atau Rp 100.000 ternyata telah berhasil mengantarkan 5 mahasiswa UAJY menjadi sarjana dan jumlahnya akan terus bertambah.

Saat ini KAMAJAYA Scholarship telah memberikan beasiswa kepada 39 mahasiswa, 5 di antaranya sudah lulus (4 orang sudah bekerja dan 1 orang akan diwisuda pada tanggal 31 Agustus 2019). Alumni dari KAMAJAYA Scholarship yang sudah bekerja mempunyai kewajiban untuk mengembangkan program ini dengan menjadi donatur selanjutnya (Pay it Forward). Total beasiswa yang dibayarkan KAMAJAYA Scholarship hingga 30 Juni 2019 telah mencapai Rp 262.979.500,-. Jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan bertambahnya donatur dan penerima beasiswa.

SELAMAT ULANG TAHUN KAMAJAYA SCHOLARSHIP YANG KE-2.
TERIMA KASIH KEPADA SEMUA SAHABAT YANG TELAH MENDUKUNG KAMAJAYA SCHOLARSHIP.

Auckland, 31 Juli 2019
Hadisantono
Konseptor KAMAJAYA Scholarship
Alumni Teknik Industri UAJY Angkatan 1991

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA