Seterang Nyala Api

Urip Iku Urup (hidup itu nyala) kalimat pendek yang memiliki segudang makna di dalamnya. Kalimat tersebut merupakan suatu pandangan filosofi masyarakat Jawa yang memiliki nilai-nilai luhur yang di dalamnya terdapat makna kehidupan yang sangat dalam, manusia hendaknya dalam berkehidupan hakikatnya harus bermanfaat bagi orang lain disekitarnya. Kita dilahirkan kedunia bukan untuk menjadi mahkluk yang berdiri sendiri akan tetapi untuk saling menolong, berbagi, mengasihi, membantu sesama tanpa pamrih. Hidup diibaratkan suatu nyala api yang memerangi setiap langkah manusia untuk menuju jalan dan arah yang benar, dalam hidup ini senantiasa kita harus peduli dengan sesama.

Hal ini sejalan dengan cita-cita luhur KAMAJAYA Scholarship yang memiliki prinsip berbagi dan bagaikan nyala api, mencoba menerangi dan membantu mereka yang kehilangan arah tujuan, mereka adalah para mahasiswa UAJY penerima beasiswa KAMAJAYA yang memiliki segudang kekhawatiran dalam hidupnya ketika sedang berusaha untuk mencapai cita-citanya saat berkuliah. Banyak kekhawatiran yang mereka alami mulai dari masalah finansial, keluarga, relasi, teman, masa depan, dan lain-lain.

Saya adalah salah satu penerima beasiswa KAMAJAYA Scholarship tahun 2019 artinya angkatan ke-3. Kuliah lulus 4 tahun dengan nilai baik dan bisa langsung bekerja setelah lulus, itu adalah awal pikiran saya ketika akan mulai masuk ke universitas, namun masalah finansial yang menjadi kekhawatiran untuk membayar kuliah menyebabkan saya berpikir untuk mengubur mimpi itu. Namun, KAMAJAYA Scholarship dan para Donatur hadir sebagai penolong bagi saya sehingga bisa tetap melanjutkan kuliah tanpa perlu memikirkan biaya.

KAMAJAYA Scholarship bukan hanya sebatas organisasi yang menghimpun dana dari para donatur untuk diberikan kepada para mahasiswa yang memperoleh beasiswa. Namun lebih dari itu, KAMAJAYA Scholarship memberikan bimbingan dan konseling secara rutin dan teratur kepada semua penerima beasiswa, ada nilai penting yang tercermin dari hal tersebut. Selain masalah finansial, penerima beasiswa KAMAJAYA juga memiliki kekhawatiran dan masalahnya masing-masing, di situ KAMAJAYA Scholarship hadir untuk memberikan arahan melalui bimbingan dan konseling. Selain bimbingan dan konseling, juga melalui kegiatan-kegiatan, salah satunya adalah rekoleksi yang dibawakan oleh Rm. Erwin, Pr. dan diikuti oleh semua penerima beasiswa KAMAJAYA pada rangkaian acara perayaan ulang tahun KAMAJAYA Scholarship yang ke-2 (Sabtu, 3 Agustus 2019).

Rekoleksi “The Power of Love, Joy, and Peace” dibawakan oleh Rm. Erwin, Pr.

KAMAJAYA Scholarship selain membantu mahasiswa yang membutuhkan dari segi finansial tapi juga membentuk mental, jiwa, pikiran, relasi, softskill dan semangat para penerima beasiswa agar mampu menghadapi hambatan-hambatan maupun kekhawatiran yang dilalui oleh mereka. KAMAJAYA Scholarship juga menanamkan semangat berbagi kepada sesama. Itulah nilai yang diajarkan dan ditanamkan oleh KAMAJAYA Scholarship kepada setiap penerima beasiswa yang tidak dapat ditemukan di organisasi lainnya di luar sana.

Yogyakarta, 5 Agustus 2019
Andi Ilham Paturusi
Penerima Beasiswa KAMAJAYA
Mahasiswa Fakultas Hukum UAJY Angkatan 2016

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA