KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Impian di Depan Mata

Impian di Depan Mata

Perkenalkan, nama saya Marcellinus Agus Saputra biasa di panggil Marcell, lahir di Yogyakarta, 21 Juni 1998. Saya merupakan Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-2. Saat ini, saya sedang menempuh pendidikan di Program Studi Arsitektur Universitas Atma Jaya Yogyakarta Angkatan 2017. Selain desain, di Prodi Arsitektur saya juga belajar mendokumentasikan sebuah karya, melalui fotografi salah satunya.

Sejak kecil, saya sudah mengenali dunia fotografi. Papa yang mengenalkan saya pada dunia fotografi. Dahulu, papa saya memiliki satu set perlengkapan fotografi walaupun tidak terlalu lengkap. Saya sering melihat ketika Papa sedang membersihkan perlengkapan fotografinya untuk memastikan bahwa kamera tersebut baik-baik saja atau saat mengabadikan beberapa gambar. Sejak saat itu, saya menjadi tertarik untuk mempelajari dunia fotografi, saya belajar secara otodidak karena itulah yang saya rasa lebih nyaman.

Belajar otodidak mengenai dunia fotografi tidaklah mudah bagi saya. Solusinya adalah banyak berlatih. Sebelumnya, saya tidak pernah memiliki kamera profesional, hanya saya pernah beberapa kali mencoba menggunakan kamera milik papa saya yang masih menggunakan rol film sebagai sarana penyimpanan gambarnya. Keterbatasan alat tidak membuat saya berhenti belajar. Ketika ada kesempatan, saya sering meminjam kamera milik teman saya untuk sekadar mengabadikan beberapa gambar dan belajar mengenai fitur yang dimiliki kamera tersebut.

Selama ini, saya menggunakan kamera HP sebagai alat untuk mengabadikan momen-momen yang saya rasa perlu untuk disimpan. Walaupun hasil jepretan saya masih jauh dari kata bagus dan baik, saya tetap terus belajar hingga saat ini. Saya sering mengabadikan momen menggunakan HP, terlebih lagi kehadiran mode manual yang ada di HP memudahkan saya untuk belajar menggunakan kamera dengan pengaturan yang bisa saya komposisikan sendiri seperti layaknya kamera profesional.

Saat ini, saya sedang menempuh studi di sebuah program studi yang merupakan perpaduan antara Seni dan Teknik, yaitu Arsitektur. Dalam pembelajaran di bangku perkuliahan selama ini, saya dituntut untuk tidak hanya mendesain tetapi dapat mendokumentasikan karya yang sudah ada sebagai apresiasi bagi Sang Arsitek. Tentunya, fotografi merupakan salah satu materi yang saya pelajari saat ini, hal ini sejalan dengan ketertarikan saya terhadap dunia Fotografi.

Melalui pesan di Whatsapp Group Penerima Beasiswa KAMAJAYA yang dikirimkan oleh Pengurus KAMAJAYA Scholarship mengenai kesempatan untuk mendapatkan kamera profesional ini, saya menjadi tertarik untuk mengikutinya. Saya rasa, ini merupakan sebuah kesempatan yang sangat berharga untuk dilewatkan dan harus saya ikuti, karena keinginan saya yang kuat untuk memiliki sebuah kamera profesional dan belajar fotografi lebih banyak lagi.

Jika pada kesempatan ini saya mendapatkan hadiah tersebut, saya sangat bersyukur dan akan lebih memperdalam pengetahuan saya di bidang fotografi. Dengan kamera tersebut, nantinya saya akan menggunakannya untuk keperluan tugas-tugas kuliah saya dan tentunya untuk belajar lebih mendalam di bidang fotografi. Jika diperlukan, saya dengan senang hati akan menggunakannya untuk keperluan dokumentasi kegiatan Beasiswa KAMAJAYA, yang selama ini hanya mengandalkan kamera HP saja.

Semoga impian saya yang saat ini sudah ada di depan mata dapat terwujud berkat kebaikan Bapak/Ibu yang memilih saya sebagai pemenang hadiah kamera ini. Pada akhir esai ini, saya lampirkan portofolio yang berisikan beberapa contoh momen yang berhasil saya abadikan beberapa waktu belakangan ini. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih kepada Bapak/Ibu Donatur KAMAJAYA Scholarship yang telah memberikan sebuah kamera lengkap dengan aksesorinya kepada Penerima Beasiswa KAMAJAYA. Semoga kebaikan yang telah dilakukan Bapak/Ibu mendapatkan balasan dari Tuhan Yang Maha Esa.

Yogyakarta, 12 Desember 2019
Marcellinus Agus Saputra
Penerima Beasiswa KAMAJAYA
Mahasiswa Program Studi Arsitektur UAJY Angkatan 2017.

Catatan Redaksi:
Esai ini memenangkan 1 unit kamera digital profesional CANON EOS 1000D dan perlengkapannya.

LAMPIRAN PORTOFOLIO

Produk Desain Kewirausahaan, November 2019.
Produk Desain Kewirausahaan, November 2019.
Gunung Sindoro & Sumbing, September 2019.
Gunung Sindoro & Sumbing, September 2019.
Koin Pasar Kaki Langit, September 2019.
Rumah Adat Kampung Naga Tasikmalaya, April 2019.
Gedung Labtek Kampus ITB, April 2019.

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA