KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Kado Murah dari Hati

Kado Murah dari Hati

Februari identik dengan bulan kasih sayang karena kehadiran hari Valentine yang jatuh pada tanggal 14 Februari. Masyarakat dunia menantikan momen ini tiba. Apapun kisahnya pasti berujung pada kisah asmara. Bagaimana tidak, bagi para remaja, kaum muda, atau pasangan muda, 14 Februari adalah hari yang tepat untuk memperkuat ikatan, melepas rindu dan menunjukkan rasa cinta. Demi mengenang hari tersebut, orang-orang merencanakan hal-hal spesial seperti memberikan kado terbaik untuk pasangannya, berkencan, maupun makan malam romantis yang bahasa kerennya ”candle light dinner”. Media sosial juga kerap meramaikan Hari Kasih Sayang. Kita menyuarakan rasa kasih sayang secara gencar untuk orang tercinta. Baik kepada orang tua, sahabat, saudara, bahkan pujaan hati bagi yang sedang dimabuk asmara. Tak jarang pula membagikan momen bersama orang tercinta di media sosial.

Lantas apa bedanya hari Valentine dengan hari-hari biasa? Apakah kita hanya bisa memberikan yang terbaik buat pasangan atau orang tercinta pada hari Valentine saja yang dirayakan setahun sekali? Tentu tidak, tapi pada kenyataannya iya. Pada hari-hari biasa kita jarang menunjukkan kasih kita kepada orang tercinta, terutama orang tua. Tak perlu secara tersurat, kasih sayang bisa ditunjukkan secara tersirat melalui perilaku. Perhatian, bantuan-bantuan kecil dari anak cukup membuat orang tua merasakan kasihnya.

Ada pertanyaan menarik lainnya, apakah pada hari kasih sayang tersebut hanya orang-orang yang kita kenal dan dekat dengan kita yang pantas mendapatkan bentuk kasih sayang kita? Tentu tidak, membagi kasih tidak dibatasi oleh usia, suku, ras, agama, maupun relasi. Kita dapat membagikan kasih dalam bentuk perhatian dan empati kita terhadap sesama manusia. Pada hakikatnya, semua manusia pantas untuk dicintai, disayangi, pantas menerima perlakuan baik dan sama.

Akhirnya, Valentine bukanlah sekadar perayaan sekali setahun pada tanggal 14 Februari. Momen-momen Valentine dapat kita ciptakan sendiri setiap harinya. Semua orang punya caranya sendiri menunjukkan kasihnya. Tidak perlu mengungkapkannya secara gamblang, yang diperlukan adalah tindakan nyata dari hati sendiri. Tidak perlu pula mengeluarkan banyak uang untuk membeli barang mahal atau menyiapkan acara yang spesial. Valentine juga bukan hanya sebatas coklat, bunga, ataupun kado-kadoan, tetapi berbagi kasih kepada sesama manusia. Maknai Valentine setiap hari dan ciptakan momen berbagi-kasihmu sendiri.

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA