KAMAJAYA Scholarship / Kisah/Kesaksian/Testimoni  / Kisah Penerima Beasiswa: Doa dan Usaha di Penghujung Tahun 2020

Kisah Penerima Beasiswa: Doa dan Usaha di Penghujung Tahun 2020

Saya Katarina Dewi Cintya Anindita, mahasiswi Fakultas Hukum, tahun angkatan 2017 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Tujuan saya menulis esai ini ialah sebagai bentuk ungkapan terima kasih saya kepada KAMAJAYA Scholarship beserta tokoh-tokoh di dalamnya. Tepat 15 Desember 2020 lalu, saya berhasil menyelesaikan ujian pendadaran dengan nilai yang memuaskan. Dengan diuji oleh 3 penguji yang hebat dan berintegritas yang terdiri dari Bapak Dr. D. Krismantoro, S.H., M.Hum., Ibu Maria Hutapea, S.H., M.Hum. dan pembimbing skripsi saya sendiri yang saya sebut dengan bapak kebaikan yakni Bapak Dr. V. Hari Supriyanto, S.H., M.Hum. Bersyukur tentu saja, saya panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan saya berjuta-juta kemudahan untuk melewati semua ini. Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini selagi kita mau untuk berusaha dan berdoa. Karena saya meyakini Tuhan tidak tidur, Tuhan melihat usaha kita sekecil dan sebesar apa pun itu.

Singkat cerita mengenai perjalanan akhir studi saya, di awal tahun saya selalu menulis wish list atau cita-cita saya dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Menyelesaikan studi di semester 7 merupakan salah satu dari beberapa wish list saya dalam jangka waktu pendek di awal tahun 2020. Siapa menyangka, ternyata Maret 2020 negara kita diserang oleh suatu virus mematikan yang menggentingkan seluruh masyarakat Indonesia, yaitu Covid-19. Pemerintah memutuskan untuk membuat kebijakan school from home yang pada akhirnya membuat kami dan teman-teman seperjuangan terpaksa untuk melakukan kegiatan studi dengan sistem daring melalui rumah masing-masing. Tentu saja saya sendiri sedih karena ini merupakan akhir tahun studi saya, yang mana ini adalah kesempatan terakhir saya untuk menghabiskan waktu di kampus bersama teman-teman saya.

Namun, tidak ingin berlarut-larut saya pun sudah mulai terbiasa untuk beradaptasi dengan keadaan ini. Di sela-sela skripsi, saya juga mengambil Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang mana juga dilakukan secara daring. Kendala saya dalam menjalani studi saya ialah tidak memiliki kesempatan untuk bertatap muka dengan dosen pembimbing secara langsung, baik dosen pembimbing skripsi maupun KKN. Terlebih lagi, saya tidak bisa terjun secara langsung ke desa di mana KKN saya dilakukan. Dalam proses bimbingan, saya bersyukur mendapatkan dosen pembimbing yang memberikan kemudahan-kemudahan untuk saya. Karena, saya sering mendengar cerita dari orang sekitar saya bahwa tidak sedikit dosen pembimbing yang mempersulit mahasiswa. Namun beruntungnya, saya mendapatkan dosen pembimbing yang selalu memberikan kemudahan dan tentunya membalas chat WhatsApp saya dengan fast respond.

Selama proses pengerjaan skripsi, saya melakukan penelitian di Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman karena saya mengambil topik mengenai Pelaksanaan Pemblokiran Sertifikat Hak Milik di Kantor Pertanahan Kabupaten Sleman. Beruntungnya lagi, di dalam proses penelitian, saya bertemu dengan orang-orang baik dan sangat mempermudah proses saya mencari data dan informasi sehingga dengan mudah saya dapat mengolah data-data dalam waktu yang tidak begitu lama. Berkah 2020 memang luar biasa. Di tengah kondisi yang genting seperti ini, Tuhan juga memberikan rezeki bagi saya berupa kemudahan dalam menyelesaikan studi. Besar harapan saya di tahun yang baru 2021, semoga saya dapat menyelesaikan seluruh proses berikutnya dalam akhir studi ini dengan baik dan lancar, serta mendapatkan pekerjaan yang saya harapkan.

Yogyakarta, 16 Desember 2020
Katarina Dewi Cintya Anindita
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-4
Mahasiswa Pogram Studi Ilmu Hukum UAJY Angkatan 2017

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA