KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Penyerahan Bantuan Laptop

Penyerahan Bantuan Laptop

Dalam situasi pandemi COVID-19 yang masih belum mereda, kegiatan pembelajaran terpaksa dilakukan secara daring/online. Bagi jenjang perguruan tinggi sendiri, sistem perkuliahan daring tampaknya masih akan terus berlanjut. Meski telah berjalan selama hampir 1 tahun, perkuliahan daring tentu masih menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Tidak sedikit dari mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memahami materi perkuliahan. Bahkan, ada pula yang merasa bahwa metode pembelajaran ini masih kurang efektif dibandingkan pembelajaran tatap muka.

Perkuliahan daring memang mengalami banyak kendala. Terlepas dari kendala teknis dan non-teknis dalam pelaksanaannya, tidak bisa dipungkiri bahwa dukungan perangkat keras (hardware) berupa LAPTOP memegang peranan vital dalam perkuliahan daring. Kendala fasilitas laptop sangat dirasakan oleh beberapa penerima Beasiswa KAMAJAYA.

Laptop dan perlengkapannya.

Menurut Ladrang Kunto Anuraga, S.H. (pengurus KAMAJAYA Scholarship, koordinator pengadaan laptop), ada beberapa mahasiswa penerima Beasiswa KAMAJAYA yang berkeluh-kesah tentang laptop yang sudah rusak dan bahkan ada yang tidak mempunyai laptop, sehingga mereka terpaksa memakai handphone (HP) pada saat mengikuti kegiatan perkuliahan. Hal ini tentunya sangat mengganggu konsentrasi belajar mereka karena keterbatasan kapasitas HP. “KAMAJAYA Scholarship memang lembaga beasiswa yang luar biasa. Tidak hanya membantu secara finansial, tetapi juga memperhatikan keluh-kesah para mahasiswa penerima beasiswa,” kata Ladrang lebih lanjut.

Menyikapi kesulitan yang dialami beberapa penerima beasiswa, pengurus KAMAJAYA Scholarship menggandeng sponsor/donatur untuk pengadaan beberapa unit laptop untuk membantu mahasiswa. Bantuan laptop diberikan dengan sistem pinjam pakai. Penerima beasiswa berkewajiban merawat dan mengembalikan laptop tersebut setelah mahasiswa tersebut dinyatakan lulus agar dapat dipergunakan lagi oleh penerima beasiswa lainnya yang membutuhkan. Berhubung jumlah unit laptop yang tersedia terbatas, maka rapat pengurus KAMAJAYA Scholarship telah menentukan 7 mahasiswa penerima bantuan pinjaman laptop berdasarkan pertimbangan prioritas kebutuhan. Ke-7 mahasiswa tersebut adalah:

  1. Ilalang Arsa Yoyada, NPM 180424301, Prodi Akuntansi
  2. Stefani Angelina Ruru Hia, NPM 190513612, Prodi Ilmu Hukum
  3. Jordy Christevan Limeranto, NPM 190217765, Prodi Teknik Sipil
  4. Viana Meirani, NPM 180801961, Prodi Biologi
  5. Nella, NPM 170801890, Prodi Biologi
  6. Triyoga Surya Agung Nugraha, NPM 170117003, Prodi Arsitektur
  7. Agatha Cindy Nikita Prima, NPM 180801960, Prodi Biologi

Bantuan laptop ini telah diserahkan pada hari Sabtu, 27 Maret 2021. “Bisa bergabung menjadi bagian dari KAMAJAYA Scholarship sudah merupakan berkat yang sangat luar biasa bagi saya dan keluarga. Namun tidak hanya di situ saja, Tuhan tidak berhenti mengulurkan tangannya melalui KAMAJAYA Scholarship. Ketika saya bingung terhadap perkuliahan dikarenakan tidak memiliki fasilitas untuk menyokong kuliah saya yakni laptop, KAMAJAYA Scholarship mengulurkan tangannya untuk meminjamkan fasilitas laptop baru, lengkap dengan mouse-nya, sehingga perkuliahan saya dapat terbantu. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih, serta bangga menjadi bagian dari KAMAJAYA Scholarship,” kata Ilalang, salah satu penerima bantuan laptop.

Nella, penerima bantuan laptop yang lain bercerita, “Akhir-akhir ini saya galau karena saat mengerjakan skripsi, laptop lama saya yang sudah usang sering mati tiba-tiba. Ini membuat saya ingin menangis dan sangat kesal. Tadinya, saya berpikir akan meminta orangtua saya untuk membelikan laptop, tapi saya tidak tega karena di masa pandemi ini penghasilan orangtua tidak ada dan terlebih beban orangtua bukan hanya saya saja, membuat saya berpikir kembali meminta laptop baru.” Lebih lanjut Nella menambahkan, “Saya akan merawat sebaik mungkin agar laptop ini tetap utuh dan baik-baik saja. Saya berjanji melalui laptop ini saya akan menyelesaikan tugas saya lebih cepat dari target saya. Terima kasih KAMAJAYA Scholarship.”

Harapan Pengurus KAMAJAYA Scholarship adalah dengan adanya bantuan pinjaman fasilitas laptop ke mahasiswa Penerima Beasiswa KAMAJAYA, mereka bisa lebih terpacu semangat belajarnya, bisa lebih berkonsentrasi dalam kuliah tanpa terkendala fasilitas, sehingga lebih cepat lulus.

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA