KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2021/2022

Seleksi Wawancara Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2021/2022

Wawancara Team 3 menggunakan Microsoft Teams.

Saat ini sedang berlangsung proses Seleksi Wawancara (27 April – 8 Mei 2021) untuk calon penerima Beasiswa KAMAJAYA Tahun Akademik 2021/2022. Sesuai dengan pengumuman hasil evaluasi, ada 72 calon yang dipanggil untuk mengikuti Seleksi Wawancara. Sehubungan dengan masih berlangsungnya pandemi COVID-19 maka wawancara dilakukan melalui aplikasi video conference. Jenis aplikasi yang digunakan (ZOOM, Whatsapp, Microsoft Teams, dll) tergantung kesepakatan team pewawancara. Calon dibagi ke dalam 10 kelompok tim pewawancara.

Wawancara Team 6 menggunakan WhatsApp Video Call.

KAMAJAYA Scholarship diperuntukkan bagi anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu untuk menjadi future leaders (tidak harus cerdas, tapi punya kemampuan/potensi akademik untuk menyelesaikan studi di UAJY). Prioritas utama diberikan kepada mahasiswa yang terancam putus kuliah karena kendala finansial. Melalui wawancara ini, team seleksi diharapkan mendapatkan gambaran keseluruhan mengenai profil diri calon penerima Beasiswa KAMAJAYA. Meskipun IPS/IPK bukan menjadi persyaratan pendaftaran beasiswa, namun perlu memperhatikan anak-anak yang IPS/IPK-nya kurang dari 2.75. Perlu ditelusuri apakah penyebab rendahnya IPS/IPK yang bersangkutan, apakah karena cuti kuliah, harus bekerja paruh waktu, masalah keluarga, atau penyebab lainnya. Untuk mahasiswa baru atau yang masih Semester 2, pewawancara juga bisa menelusuri kemampuan akademiknya di SMA. Pada saat wawancara, yang bersangkutan perlu diminta komitmennya untuk menaikkan IPS/IPK. Dengan demikian tujuan utama seleksi wawancara adalah klarifikasi dan menggali informasi yang lebih detil mengenai profil calon penerima Beasiswa KAMAJAYA sehingga dapat diputuskan apakah calon yang bersangkutan layak untuk diterima/tidak diterima.

Setelah proses wawancara selesai maka team pewawancara akan berdiskusi untuk menentukan nama-nama calon yang akan dibawa ke Rapat Pleno seluruh panitia seleksi untuk menentukan siapa saja yang diterima/tidak diterima. Rapat Pleno rencananya dilakukan menggunakan aplikasi ZOOM pada hari Sabtu, 22 Mei 2021, pukul 09.00-12.00 WIB.

Pengurus KAMAJAYA Scholarship mengucapkan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari para dosen, karyawan non-edukasi dan alumni Universitas Atma Jaya Yogyakarta dalam proses seleksi ini.

No Comments

Post a Comment

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA