KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Gaya Hidup Sehat

Opini: Gaya Hidup Sehat

Pada saat sekarang ini, kita masih berada dalam situasi pandemi Covid-19 yang belum membaik. Pemerintah dengan berbagai program penanganan pandemi (PSBB, PPKM, dan lain-lain) berupaya mengendalikan dampak penyebaran pandemi ini. Namun di samping berbagai program pemulihan ekonomi yang diberikan pemerintah untuk memperbaiki dampak pandemi ini, masyarakat tentunya dapat ikut membantu menjaga kondisi kesehatan masyarakat dengan gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup yang sehat dapat dimulai dari waktu pagi hari sebelum aktivitas rutin kita dimulai. Contohnya saat bangun pagi kita dapat melakukan olahraga seperti senam pagi, jalan pagi, bersepeda dan lain-lain. Waktu berolahraga di pagi hari tidak harus lama, cukup sekitar 30 menit sampai 1 jam sudah cukup untuk memulai aktivitas pagi hari.

Gaya hidup sehat yang kita terapkan dalam keseharian kita tidak lepas tentunya dari pola makan dan minum yang kita terapkan. Kita juga perlu menjaga kebersihan jenis makanan apa dan dari mana yang kita makan. Sebagai seorang pelajar yang menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah (di luar rumah), kita lebih sering membeli makanan di warung yang kita tidak tahu cara pembuatan dan bahan-bahannya (bersih, sehat, atau tidak). Di sini, peran orang tua sangat penting. Untuk anak-anak, orang tua dapat menyiapkan bekal makanan ketika anak pergi ke sekolah atau ke luar rumah. Bagi kita yang berusia remaja, tentunya kita jangan tergantung dan merepotkan orang tua kita. Kita bisa mencoba menyiapkan bekal makanan sendiri ataupun kalau terpaksa jajan di luar, kita harus memilih makanan dan minuman yang terjamin kebersihannya. Tentunya kita dapat menerapkan prinsip 4 sehat 5 sempurna dalam mengatur menu makanan kita sehari-hari.

Pengaturan waktu istirahat yang cukup juga merupakan bagian dari gaya hidup sehat. Setelah melakukan aktivitas seharian yang melelahkan tubuh, tubuh harus mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Istirahat yang sederhana misalnya bermeditasi dan mendengarkan musing sesuai selera kita, selain dapat menenangkan pikiran juga dapat menyegarkan badan dan mendapatkan semangat kembali untuk melakukan aktivitas selanjutnya. Tidur yang cukup (delapan jam sehari) sangat dibutuhkan agar kita kembali segar dan siap memulai aktivitas keesokan harinya.

Semoga dalam masa pandemi saat ini yang masih belum berakhir, masyarakat khususnya kita sendiri dapat mulai menerapkan gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.

Yogyakarta, 26 November 2021

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Wokandapix from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA