KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Masa Muda dan Masa Depan

Opini: Masa Muda dan Masa Depan

Bagaimana masa mudamu? Apakah bisa mempengaruhi masa depan? Apakah masa depanmu akan sukses jika masa mudamu seperti ini atau seperti itu? Pertanyaan ini sering terpikirkan olehku. Bagaimana aku harus menata diriku di masa muda, apa saja yang harus aku lakukan saat aku duduk di bangku SD, SMP, SMA, sampai kuliah? Masa muda dan masa depan, keduanya berada di tangan kita, keduanya dipilih dan dijalankan oleh kita sendiri.

Masa muda selalu identik dengan hal-hal yang menyenangkan, namun, tidak luput dari banyak rintangan. Menurutku, hal-hal itulah yang bisa mempengaruhi kita di masa depan. Dengan banyak pelajaran yang didapat dari masa muda, dapat membentuk karakter diri kita untuk ke depannya. Bagaimana cara kita mengatasi suatu masalah, menghargai perbedaan yang ada, menghadapi berbagai macam sifat dan karakter orang, dan sebagainya.

Untuk menghadapi masa depan, di samping kita harus memiliki wawasan yang luas dengan berkuliah, kita harus memiliki pikiran, mental, dan fisik yang cukup kuat. Hal tersebut juga dapat dibentuk saat masa muda. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan banyak mengikuti kepanitiaan dan organisasi. Kegiatan ini dapat dilakukan sejak kita duduk di bangku SMP sampai kuliah. Dalam kepanitiaan dan organisasi, kita dilatih untuk mengembangkan pemikiran kita dalam banyak hal, seperti bagaimana cara kita untuk percaya diri berbicara di depan orang banyak, cara berpikir kritis untuk suatu masalah, sigap dalam menghadapi masalah yang datang tidak terduga, menghadapi berbagai macam karakter teman-teman dan orang luar, berpikir cepat dan tanggap dalam berbagai macam pertanyaan, dan masih banyak lagi. Secara tidak sadar pun, mental kita akan terlatih untuk menjadi kuat, menerima dan menghargai saran dan kritik yang diberikan saat ada kekurangan atau kesalahan dalam melakukan pekerjaan, dan terlatih untuk tidak terbawa perasaan jika diberikan masukan. Dan dengan padatnya jadwal kuliah dan banyaknya kegiatan kepanitiaan atau organisasi, akan membuat fisik menjadi terlatih untuk terbiasa dan kuat menjalani aktivitas yang padat, dan juga diri kita dilatih untuk bisa memanfaatkan dan membagi waktu dengan baik.

Dari pengalamanku, hal tersebut sangat berpengaruh untuk masa depan yang akan datang. Dunia kerja tidak sama seperti dunia perkuliahan, banyak hal lain yang harus lebih dipelajari. Masa depanmu yang sukses, diperoleh dari proses bagaimana kamu menjalani dan menanggapi masa mudamu, harus mau belajar untuk melakukan suatu hal yang baru, timbulkanlah rasa penasaran terhadap suatu hal sehingga kamu ingin mencobanya. Karena dengan rasa penasaran dan ingin mencoba, kamu akan mendapatkan pelajaran yang berharga untuk masa depan, mau itu baik ataupun buruk sekalipun. Dan satu hal yang tidak boleh terlupakan, di balik itu semua, selalu bersyukur untuk apa yang kamu dapat dan harus percaya dengan diri sendiri.

Yogyakarta, 2 Desember 2021

Xenia Adelynn Satmoko
Alumni Program Studi Teknik Sipil Internasional UAJY Angkatan 2017
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Jan Vašek from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA