KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Manfaat Membaca dan Menulis

Opini: Manfaat Membaca dan Menulis

Di Indonesia, banyak sekali dijumpai masyarakat yang enggan dalam hal membaca dan menulis. Menulis dan membaca adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Seseorang yang ingin mahir dalam menulis, sebaiknya juga memiliki kegemaran membaca. Membaca memiliki banyak manfaat bagi seorang penulis. Kegiatan membaca menjadi awal dari ilmu pengetahuan. Dengan membaca, penulis akan memperoleh tambahan wawasan dari para penulis lain. Sepandai apa pun seorang penulis, dia tidak memiliki dan mampu menguasai semua ilmu pengetahuan yang ada.

Manfaat selanjutnya, membaca juga mendatangkan ide bagi para penulis. Dengan membaca, seorang penulis dapat mengetahui apa saja yang telah dan belum digagas oleh penulis lain. Dengan demikian, seorang penulis bisa mendapatkan inspirasi untuk membuat sebuah tulisan melalui apa yang belum dituliskan oleh penulis lain. Membaca juga merupakan proses mengamati gaya menulis orang lain. Sebagai penulis yang masih belajar, kita dapat meniru gaya menulis mereka dengan cara berbeda.

Selain mengetahui gaya menulis, membaca tulisan orang lain juga memberi pengetahuan tentang bagaimana penulis tersebut memahami suatu permasalahan dan menuangkan ide tersebut sehingga dapat menarik untuk dibaca. Selain itu, membaca juga dapat memperluas pengetahuan seseorang dan dari hasil membaca tersebut bisa membantu dalam menyelesaikan sebuah masalah ataupun mencari solusi dalam sebuah persoalan. Tidak hanya itu, satu hal yang tidak kalah penting dari membaca adalah dapat memperkaya kosakata. Kekayaan kosakata sangat diperlukan bagi penulis. Kosakata sangat penting sebagai bekal dalam menulis. Selain itu, membaca buku juga dapat membuat kita menemukan berbagai inspirasi dan gagasan ide untuk bahan tulisan.

Membaca tentu tidak sebatas membaca buku, novel, majalah, atau koran saja. Kita juga dapat membaca dari sumber lainnya, misalkan mencari sumber informasi yang berasal dari internet. Kemajuan teknologi yang ada memudahkan kita untuk memperoleh informasi dari mana saja dan kapan saja. Kita tidak hanya dapat melihat perkembangan suatu teknologi dari dalam negeri saja, tetapi kita juga bisa membandingkan dengan perkembangan yang terjadi di negara lain dengan sangat mudah. Internet menjadi sarana semua informasi ada dalam dunia kita.

Manusia yang menentukan bagaimana dan untuk apa informasi yang ada bahkan kita pergunakan sehari-hari. Dengan membaca sebanyak mungkin tentang berbagai macam topik, otak kita menjadi terlatih. Otak, seperti juga tubuh, butuh latihan untuk membuatnya tetap fit. Dengan banyak membaca, mengobrol dengan orang yang memiliki wawasan dan berdebat dengan orang lain, bisa menjadi sebuah latihan yang luar biasa untuk meningkatkan keterampilan dalam berbicara dan menulis.

Yogyakarta, 13 Januari 2021

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Pexels from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA