KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Memaknai Hari Kasih Sayang

Opini: Memaknai Hari Kasih Sayang

Bagi sebagian orang umumnya kalangan remaja, tanggal 14 Februari adalah hari yang istimewa. Hari istimewa yang biasa disebut dengan Hari Valentine. Perayaan hari tersebut sudah seperti menjadi suatu kebudayaan di dunia. Hari Valentine dianggap sebagai Hari Kasih Sayang. Orang-orang biasanya mengekspresikan kasih sayang mereka dengan cara bertukar kado, memberi kartu ucapan, memberi cokelat, memberi bunga, menyatakan cinta karena dianggap momen yang pas, dan hal lainnya yang berhubungan dengan kata romantis.

Menunjukkan kasih sayang adalah hal yang baik, tetapi lebih baik lagi jika tidak dilakukan hanya pada tanggal 14 Februari karena sudah jelas kita bisa berbagi kasih sayang setiap hari, kepada keluarga, teman, sahabat, dan orang-orang di sekitar. Kita bisa menunjukkan kasih sayang dengan berbagai cara, misalnya berkumpul bersama keluarga, menyediakan waktu untuk sahabat, memberi perhatian pada mereka, dan lain-lain. Sudah seharusnya kita melakukan itu setiap hari, agar hari-hari yang kita lewati selalu berwarna.

Di sisi lain, Hari Valentine biasanya dirayakan dengan pesta pora yang menimbulkan efek negatif, seperti kekacauan dan keborosan. Gaya hidup hedonis yang diiklankan oleh para pelaku bisnis telah menggeser makna Hari Valentine. Sedangkan berkumpul setiap hari dengan orang-orang terdekat akan membuat kita berbagi kasih dengan cara yang positif. Sudah menjadi kewajiban bagi manusia untuk saling mengasihi antara sesama makhluk ciptaan Tuhan dengan cara-cara yang elegan, seperti saling tolong-menolong dan berbagi kebaikan kepada sesama.

Semoga Perayaan Hari Valentine dapat menjadi momen yang tepat untuk menunjukkan rasa kasih sayang kepada sesama. Saling berbagi dan menumbuhkan rasa kekeluargaan di mana pun. Hal ini menjadi simbol kasih sayang yang dapat kita wujudkan dalam hidup sehari-hari. Kasih yang tumbuh tidak hanya terbatas pada orang yang spesial dan keluarga, tetapi juga kepada siapa pun dan bahkan semua makhluk hidup di alam semesta.

Selamat merayakan Hari Raya Kasih Sayang bersama semua orang yang dikasihi.

Kasih pasti lemah lembut
Kasih pasti memaafkan
Kasih pasti murah hati
Kasih-Mu, kasih-Mu, Tuhan

Ajarilah kami ini saling mengasihi
Ajarilah kami ini saling mengampuni
Ajarilah kami ini kasih-Mu, Ya Tuhan

Kasih-Mu, Kudus, tiada batasnya
Kasih-Mu, Kudus, tiada batasnya
Kasih-Mu, Kudus, tiada batasnya

Yogyakarta, 12 Februari 2022

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Ylanite Koppens from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA