KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Rumah

Opini: Rumah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, rumah adalah bangunan untuk tempat tinggal, atau bangunan pada umumnya (seperti gedung). Namun, suatu kata bisa memiliki makna yang berbeda-beda tergantung pandangan masing-masing. Begitu juga dengan rumah, beberapa orang mungkin tak selalu mengartikan rumah sebagai bangungan yang ia tinggali.

Jika kita bertanya pada orang-orang tentang apa itu rumah, beberapa orang mungkin akan menjawab bahwa rumah adalah bangunan tempat mereka tinggal. Biasanya, kita memang menggunakan kata ‘rumah’ untuk menyebut bangunan atau tempat tinggal kita. Tempat yang kita tinggali sehari-hari di mana kita bisa bebas dan nyaman melakukan apa pun. Kebanyakan orang baru akan terlihat sifat aslinya saat mereka dalam rumah.

Bagi beberapa orang, rumah adalah orang yang bisa membuat mereka nyaman, seperti keluarga, teman dekat, atau pasangan. Ketika kita bersama orang yang kita sebut rumah, kita bisa nyaman bersikap bagaimanapun dengannya, dan dapat berbagi cerita apa pun dengannya. Sama seperti bangunan tempat kita tinggal, kita bisa pulang ke orang yang kita sebut rumah dengan bertemu dengan mereka. Saat kita pulang ke mereka, kita merasakan rasa nyaman dan kehangatan yang sama ketika pulang ke rumah tempat tinggal.

Rumah adalah hal yang membuat kita merasa nyaman diam berlama-lama. Tempat untuk pulang di mana kita bisa menjadi diri kita sendiri tanpa mempedulikan apa pun. Beberapa orang mungkin tidak nyaman dengan bangunan yang ia tinggali, dan lebih suka diam berlama-lama di tempat lain.

Rumah biasanya kita gunakan untuk menyebut bangunan tempat tinggal kita. Namun tidak hanya itu, rumah juga bisa berarti orang yang membuat kita merasa nyaman. Satu hal pasti, rumah adalah tempat untuk kita pulang. Bisa berupa orang atau pun tempat. Rumah adalah di mana kita bisa nyaman untuk menjadi diri sendiri.

Mungkin, ada saatnya di mana kita harus meninggalkan hal yang kita anggap sebagai rumah. Apabila hal tersebut sudah dirasa tidak nyaman lagi, rusak atau bahkan tidak ada lagi. Seperti ketika anggota keluarga bertambah sehingga bangunan rumah saat ini sudah tidak cukup besar. Atau ketika orang yang kita sayangi harus pergi jauh meninggalkan kita sehingga susah untuk bertemu. Saat itu, mau tidak mau kita harus pindah meninggalkan rumah yang lama ke rumah baru yang bisa kita jadikan tempat untuk pulang.

Gianyar, 18 Maret 2022

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by congerdesign from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA