KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Makna Kemerdekaan di Zaman Modern

Opini: Makna Kemerdekaan di Zaman Modern

Setiap tanggal 17 Agustus, bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. Kemerdekaan bagi bangsa Indonesia berarti bebas, lepas dari penjajahan yang telah dirasakan selama berabad-abad. Di tahun 2022 ini, Indonesia menginjak usia 77 tahun kemerdekaan. Kemerdekaan merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan segenap jiwa raga demi kebebasan. Oleh karena itu, kita merayakan hari kemerdekaan sebagai bentuk penghargaan dan untuk mengingat jasa mereka.

Kemerdekaan adalah momen yang menyatukan bangsa kita. Para pejuang dahulu bersatu dalam satu kesatuan demi tujuan yang sama, yaitu bebas dari penjajahan. Jiwa persatuan yang kuat, membuahkan hasil berupa kemerdekaan. Di masa sekarang, jiwa persatuan itu harus kita jaga agar tidak hilang. Kerap terjadi perselisihan antargolongan, kelompok, bahkan siswa antarsekolah. Perselisihan yang terjadi karena kesalahpahaman, rasa benci, atau sekadar ingin terlihat keren. Padahal seharusnya kita bisa saling bersatu, merangkul sebagai sesama bangsa Indonesia.

Jiwa patriotisme para pejuanglah yang menyebabkan Indonesia bisa berdiri seperti sekarang. Patriotisme berarti rela berkorban, mengedepankan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi. Namun, sekarang banyak yang termakan sifat egoisme sendiri. Melanggar hukum dan aturan demi kepentingan pribadi. Bahkan, mengambil apa yang seharusnya menjadi hak milik negara. Mengutip apa kata Bung Karno, “Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah, namun perjuangan kalian akan lebih sulit karena melawan bangsa sendiri.” Jangan sampai sifat egoisme bangsa kita sendiri yang menghambat kemajuan negara kita. Karena dengan negara yang semakin maju dan makmur, hidup kita juga akan lebih tentram.

Dalam memperjuangkan kemerdekaan, para pahlawan menghadapi banyak permasalahan. Namun mereka pantang menyerah, tetap berjuang hingga membawa Indonesia sampai ke titik ini. Saat ini pun, kita menghadapi banyak permasalahan dalam hidup, baik permasalahan kecil maupun besar. Seperti pandemi yang terus berlanjut hingga sekarang, yang terjadi di seluruh dunia. Pandemi memberi dampak tak hanya hanya pada aspek kesehatan, tapi juga ekonomi dan aspek lainnya. Namun sesulit apapun masalah yang dihadapi, kita perlu bersikap pantang menyerah seperti para pahlawan. Karena dengan pantang menyerah, suatu saat perjuangan kita akan membuahkan hasil, seperti perjuangan para pahlawan.

Dirgahayu Kemerdekaan RI ke-77. Semoga kita bisa terus mengingat perjuangan para pahlawan yang membuat kita bisa berdiri seperti sekarang ini. Jiwa persatuan, rela berkorban, dan pantang menyerah hendaknya kita jaga agar tidak hilang dalam zaman modern ini. Sebagaimana dulu pahlawan memperjuangkan kemerdekaan, kita masih harus berjuang demi Indonesia yang lebih baik.

Yogyakarta, 15 Agustus 2022

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA