KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Kesehatan Mental

Opini: Kesehatan Mental

Di dalam kehidupan, seseorang tidak hanya membutuhkan kesehatan jasmani saja untuk memenuhi kebutuhan fisiknya seperti makan, minum, dan olahraga. Akan tetapi, yang juga tak kalah penting adalah kesehatan mental yang berguna untuk memenuhi kebutuhan kebahagiaan dan ketenangan dalam kehidupan seseorang. Kesehatan mental dapat terwujud dalam keharmonisan antara fungsi-fungsi jiwa, serta kemampuan untuk menghadapi masalah-masalah yang muncul, dan akhirnya secara positif membawa kebahagiaan dan kemajuan seseorang. Seseorang harus mampu mewujudkan keharmonisan antara fungsi jiwanya seperti berpikir, merasa, dan lain-lain, serta mereka senantiasa berpikir secara positif dan mampu menghadapi berbagai permasalahan yang terjadi dalam hidupnya.

Dalam kesehatan mental, terdapat beberapa kriteria orang yang sehat secara jiwa dan mental, antara lain: mampu menyesuaikan diri dengan baik pada kenyataan, adanya kepuasan dalam diri, baik kepuasan atas usaha atau memberi sesuatu, adanya hubungan antarmanusia yang baik, seperti sikap saling tolong-menolong, dapat introspeksi diri, menyelesaikan permusuhan secara tenang, dan mempunyai rasa kasih sayang. Hal tersebut wajib dimiliki oleh setiap individu, karena berhubungan dengan kondisi kesehatan mental mereka. Jika kriteria tersebut dapat dimiliki oleh setiap individu, maka dapat mengurangi terjadinya kondisi mental yang tidak sehat pada individu.

Terdapat hal yang berpengaruh besar terhadap kesehatan mental seseorang, yaitu perasaan, pikiran/kecerdasan, kelakuan, dan kesehatan badan. Secara langsung ataupun tidak langsung keempat hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kondisi mental seseorang. Contohnya, seseorang yang menderita penyakit jantung bertahun-tahun dan tak kunjung sembuh walaupun telah berobat ke berbagai dokter maupun pengobatan tradisional, tetapi tetap saja penyakitnya tak kunjung sembuh. Kondisi ini menimbulkan stres berkepanjangan dan ia merasa bahwa kehidupan yang diberi oleh Tuhan terasa tak adil baginya. Dari contoh tersebut, kita bisa menggambarkan bahwa kondisi kesehatan jasmaniah secara tidak langsung juga mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Dan tentu jikalau seseorang tak mampu menjaga dirinya dari hal buruk yang dapat berpengaruh pada kondisi mental mereka, maka dapat berdampak negatif bagi kehidupannya.

Selain uraian di atas, juga terdapat hal yang dapat menjaga kesehatan mental, yaitu dengan cara meningkatkan kebermaknaan hidup. Kebermaknaan hidup seseorang memiliki peranan penting dalam mewujudkan kesehatan mental. Hal ini dapat diwujudkan dengan cara mengikuti beberapa kegiatan keagamaan ataupun kegiatan bermanfaat lain agar mendapatkan makna hidup, sehingga kesehatan mental pun dapat terwujud.

Yogyakarta, 19 Agustus 2022

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Wokandapix from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA