KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Produk Lokal

Opini: Produk Lokal

Sebagai negara dengan jumlah penduduk ke-4 terbanyak di dunia, Indonesia menjadi pasar yang banyak dinikmati bagi para produsen barang, khususnya barang impor. Kondisi ini harus dimanfaatkan oleh produsen lokal agar bisa bersaing dan menghasilkan produk lokal yang menjadi kebanggaan di negeri sendiri. Pentingnya mencintai produk lokal pun harus menjadi perhatian semua pihak. Dengan menggunakan produk lokal, akan menghidupi banyak pelaku usaha dalam negeri. Pemerintah pun dapat membantu dengan mengambil langkah strategis agar produk lokal bisa terus bersaing dengan produk impor. Pemerintah juga terus-menerus melakukan kampanye pentingnya menggunakan produk lokal hasil karya anak bangsa.

Dalam perdagangan dunia, Indonesia memang tidak bisa lepas dari aktivitas ekspor-impor. Ini karena tidak semua barang yang dikonsumsi masyarakat bisa tersedia sepenuhnya, baik itu berupa produk jadi ataupun bahan baku untuk industri. Produk impor tidak bisa dibendung, pasti akan masuk ke pasar Indonesia. Oleh karena itu, produk lokal juga perlu ditingkatkan kualitasnya agar dapat bersaing dengan produk impor. Tingkat kesadaran dari pihak konsumen harus lebih ditingkatkan dan harus ada rancangan yang nyata dari pemerintah daerah untuk mendorong pertumbuhan produk lokal. Produk lokal saat ini yang masih dalam status berkembang, perlu perhatian khusus dari pemerintah pusat maupun daerah. Perhatian yang dimaksud adalah seperti proses edukasi kepada masyarakat maupun para pelaku usaha dalam mengembangkan sebuah produk, termasuk hal-hal lain terkait, misalnya cara pengemasan yang menarik agar produk lokal semakin diminati.

Pemerintah perlu melakukan sosialisasi berkelanjutan untuk bisa menangani persoalan-persoalan yang dihadapi para produsen produk lokal. Salah satu peluang baru yang bisa dijangkau adalah potensi penjualan online yang semakin meningkat. Hal lain yang tak kalah penting adalah perlunya dilakukan pendampingan berkelanjutan oleh pemerintah agar para produsen produk lokal dapat memastikan kualitas produk yang dihasilkan sudah sesuai standar. Proses pendampingan ini harus diikuti dengan menjaga kualitas produk, peningkatan produksi, dan pemasaran yang mesti dilakukan. Dengan begitu, produk lokal akan lebih mampu menguasai pasar, tidak hanya pasar lokal namun juga pasar internasional.

Yogyakarta, 8 September 2022

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA