KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Belas Kasih

Opini: Belas Kasih

Bekerja dan berkarya adalah tugas sekaligus panggilan kita dalam hidup bermasyarakat, terutama pada lingkungan kampus. Dikatakan tugas karena memang kita ditugaskan di tempat dan bagian itu. Namun, sekaligus panggilan karena kita dipanggil Tuhan untuk menjalankan dan melayani di tempat dan bagian yang kita tuju atau jalani.

Kalau bercermin dari pengalaman para rasul ketika diutus, tampaknya ada juga pengalaman tidak mengenakkan melaksanakan panggilan perutusan itu. Walaupun banyak juga pengalaman yang menyenangkan, positif, dan membanggakan. Namun, apa pun pengalamannya, para rasul kembali kepada Tuhan dan berkumpul dengan Tuhan. Kita pun diajak untuk seperti para rasul, kembali kepada Tuhan, berkumpul dengan Tuhan, pastilah dalam doa, dan menceritakan pengalaman-pengalaman kita kepada Tuhan.

Kemudian dalam kegiatan, kita diutus untuk mewartakan dan menghadirkan Kerajaan Allah. Bukan mewartakan diri sendiri, bukan pula keinginan, kehendak, dan pikiran kita sendiri. Ketika Allah menjadi raja atas hidup kita dan atas kehidupan ini, maka situasi damai, sejahtara, dan sukacitalah yang akan terwujud. Kita akan mampu menghadirkan Kerajaan Allah dalam diri sesama dan lingkungan, kalau dalam diri kita sendiri Allah yang berkarya.

Ciri yang paling kelihatan kalau Allah hadir dalam diri kita adalah tergerak hati oleh belas kasih. Belas kasih ialah suatu perasaan yang menggerakkan hati seseorang untuk memiliki sifat perhatian kepada orang sekitar. Perasaan ini membuat seseorang merasa sedih melihat penderitaan dan kemalangan sesamanya, disertai dorongan yang kuat untuk menolong.

Belas kasih merupakan ciri khas Allah dan Putra-Nya Yesus. Dengan semangat itu, kita bisa menghadirkan kerajaan Allah di keluarga, masyarakat, dan lingkungan kampus. Dapat dimulai dari teman terdekat, kita memberikan belas kasih kepadanya yang mungkin sedang mengalami masalah atau kesulitan dalam hidupnya. Dari situ, kita dapat membantu untuk meringankan bebannya selagi kita mampu untuk membantu dan berkarya untuk menolong.

Yogyakarta, 6 Oktober 2022

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Shameer Pk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA