KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Semangat Sumpah Pemuda

Opini: Semangat Sumpah Pemuda

Pada tanggal 28 Oktober setiap tahunnya, Indonesia memperingati hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda adalah ikrar para pemuda Indonesia untuk bersatu dan semangat menegaskan cita-cita berdirinya Indonesia. Di tahun 2022 ini, kita memperingati hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Sumpah inilah yang membakar semangat para pemuda untuk berjuang hingga Indonesia bisa menjadi seperti sekarang.

Dalam Sumpah Pemuda, terkandung semangat juang para pemuda terdahulu untuk bersatu demi membangun negeri. Dalam pembangunan negeri, pemuda memegang peran yang penting sebagai penerus. Pemuda yang dimaksud adalah para remaja Indonesia, termasuk mahasiswa. Demi membangun negeri, pemuda harus memiliki kesadaran dalam diri sendiri. Yang membangun dan mengembangkan sebuah negeri adalah bangsanya sendiri. Sebagai pelajar, mahasiswa harus memiliki semangat untuk menuntut ilmu, bukan hanya demi masa depan diri sendiri, tapi juga masa depan negeri ini.

Sumpah Pemuda memiliki tiga hal yang bermakna persatuan, sebagai pemuda yang betumpah darah yang satu, berbangsa yang satu, dan menjunjung satu bahasa persatuan. Mirisnya, masih banyak remaja yang dipenuhi rasa kebencian hingga berakhir dengan saling melukai atau mencelakakan remaja lainnya, seperti aksi tawuran/pengroyokan antarpelajar yang biasa terjadi antarinstansi akademik. Dari pada tawuran, para pelajar bisa berkompetisi secara sehat melalui perlombaan. Dengan berkompetisi, pelajar bisa mengasah kemampuan mereka dalam ajang adu kemampuan antarpelajar lain.

Selamat hari Sumpah Pemuda yang ke-94. Semoga pemuda-pemudi Indonesia bisa memelihara semangat juang para pemuda terdahulu untuk membangun Indonesa menjadi lebih baik lagi. Semoga para pemuda bisa menyadari pentingnya makna persatuan dalam Sumpah Pemuda agar bisa lebih kompak sebagai satu kesatuan. Sebagai pelajar, sekarang tugas mahasiswa adalah fokus mengembangkan diri dengan belajar atau mencari pengalaman untuk bisa membangun negeri menjadi lebih baik. Sehingga suatu hari nanti, apa yang mahasiswa pelajari hari ini bisa bermanfaat untuk pembangunan Indonesia untuk lebih maju.

Yogyakarta, 28 Oktober 2022

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA