KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Toleransi dan Kepedulian Sosial

Opini: Toleransi dan Kepedulian Sosial

Toleransi merupakan salah satu hal yang penting di kehidupan kita. Contoh nyata dari toleransi misalnya seperti sikap saling menghormati sesama. Namun sayangnya, pada masa sekarang ini sikap toleransi pada sesama mulai hilang. Alasan hilangnya sikap toleransi tersebut biasanya karena adanya fanatisme terhadap perbedaan, contohnya perbedaan dalam menganut suatu kepercayaan atau agama. Akibat dari hilangnya sikap toleransi tersebut adalah orang-orang semakin saling tidak peduli terhadap sesama maupun terhadap alam. Tentu hal tersebut tidak baik apabila terus berlanjut. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan lainnya dan manusia membutuhkan alam untuk kehidupan.

Kita berada dalam lingkungan yang beragam. Mulai dari beragam agama, suku, hingga ras. Dari perbedaan-perbedaan tersebut, masyarakat menjadi paham bahwa semua orang harus menghargai siapa pun yang berbeda agar Indonesia akan dapat hidup rukun dan damai. Kepedulian sosial juga berguna sekali dalam kehidupan sehari-hari, karena ketika membantu seseorang yang membutuhkan, manusia akan mendapat pahala dari Tuhan, dihargai oleh orang lain, dihormati, dan menciptakan persaudaraan serta persatuan antarumat manusia.

Kita perlu sadari bahwa ada berbagai macam cara untuk memberikan edukasi ke masyarakat mengenai pentingnya toleransi dan peduli terhadap sesama. Salah satu cara mensosialisasikan toleransi antarumat beragama serta kepedulian sosial terhadap sesama, yaitu dengan membuat kampanye yang disebar melalui media sosial. Hal itu karena pada masa sekarang ini hampir semua orang menghabiskan waktunya di sosial media seperti YouTube dan Instagram. Cara lainnya yaitu dengan memberikan pendidikan karakter sejak dini tentang pentingnya toleransi dan peduli terhadap sesama.

Dengan adanya sosialisasi tentang toleransi antarumat beragama dan kepedulian sosial, diharapkan dapat meningkatkan kesatuan dalam masyarakat Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena bertambahnya pengetahuan tentang pentingnya toleransi serta kepedulian sosial terhadap sesama, masyarakat akan semakin sadar akan pentingnya kedua hal itu. Dengan meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai toleransi, maka masyarakat akan semakin saling menghargai dalam berbagai aspek perbedaan yang ada. Apabila itu terjadi, maka konflik dalam masyarakat tidak akan timbul dan tercapailah kehidupan yang damai, aman, dan sejahtera.

Yogyakarta, 3 November 2022

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Barbara Bonanno from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA