KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Pahlawan bagi Keluarga

Opini: Pahlawan bagi Keluarga

Di Indonesia, hari ayah diperingati setiap tanggal 12 November. Peran ayah sangat berpengaruh bagi keluarga. Ayah berperan sebagai tulang punggung yang menafkahi keluarganya. Selain itu, ayah juga berperan sebagai pelindung, pemimpin, pembimbing, dan teman bagi anggota keluarga.

Perjuangan ayah layaknya pahlawan bagi keluarga. Ayah mengorbankan waktunya untuk mencari nafkah bagi keluarga. Hasil yang didapatnya dari bekerja keras setiap hari, tidak digunakan diri sendiri melainkan diberikan untuk menghidupi keluarganya. Ketika ada masalah, ayah juga pasti akan melindungi keluarga. Pengorbanan ini membuktikan kasih sayangnya yang tulus untuk keluarga.

Ayah juga berperan dalam membimbing anak. Ayah bisa menjadi pembimbing bagi anak-anaknya. Seorang ayah pasti memiliki pengalaman yang bisa dibagikan pada anak-anaknya. Pemikiran ayah bisa dijadikan panutan oleh anak. Ayah juga berperan mendisiplinkan anaknya agar tidak melakukan hal yang salah. Karena itu, terkadang ayah memberikan aturan-aturan atau memarahi anaknya. Hal ini dilakukan karena bentuk kepeduliannya kepada anak.

Sebagai kepala keluarga, ayah berperan sebagai pemimpin bagi anggota keluarga. Ayah diharapkan memiliki sikap tegas, berwibawa, cerdas, kuat, dan bijak dalam mengambil keputusan. Semua keputusan yang diambil harus berdasarkan berbagai pertimbangan, termasuk anggota keluarganya.

Namun, ayah juga tetap manusia. Ayah juga bisa merasakan lelah atau merasakan emosi. Terkadang, ayah bisa terbawa emosi atau stres karena beban yang ditanggungnya. Untuk itu, kita juga perlu memperlakukan ayah dengan baik. Untuk semua hal yang sudah dilakukan ayah untuk keluarga, sudah sewajarnya kita membalas budi.

Di hari ayah ini, marilah kita kembali mengingat peran ayah dalam keluarga. Seorang ayah berjuang keras memikul tanggung jawab yang berat sebagai kepala keluarga. Terkadang, hal ini kita terima begitu saja tanpa memikirkan perjuangan yang telah dilakukan. Semoga di hari ayah ini, kita bisa mensyukuri perjuangan seorang ayah yang berjuang tanpa kenal lelah demi keluarga.

Yogyakarta, 12 November 2022

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by congerdesign from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA