KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Diri yang Baru di Tahun yang Baru

Opini: Diri yang Baru di Tahun yang Baru

T ahun 2023 baru saja dimulai. Seperti biasa, pergantian tahun disambut dengan perayaan di seluruh dunia. Pergantian tahun dirayakan dengan harapan tahun berikutnya akan menjadi lebih baik dari tahun kemarin. Tahun baru identik dengan kembang api. Mereka lepas ke udara dan meledak dengan indah. Sama seperti kembang api, kita pun melepaskan hal-hal buruk yang terjadi di tahun lalu, dan menatap tahun baru yang lebih indah.

“New year, new me” kalimat yang sering diucapkan begitu tahun berganti. Di tahun yang baru ini, mereka ingin menjadi diri yang baru. Menjadi diri yang baru berarti menjadi lebih baik dari diri yang lama. Untuk bisa menjadi diri yang lebih baik, kita perlu merefleksikan diri di masa lalu. Mencari semua kebaikan dan keburukan, kemudian meninggalkan yang buruk sambil menyimpan yang baik.

Menjelang tahun baru, orang-orang biasanya membuat sebuah resolusi untuk tahun berikutnya. Resolusi tahun baru berbeda-beda bagi setiap orang. Namun, resolusi sering kali hanya berjalan selama awal-awal tahun saja. Semakin berjalannya waktu, resolusi tahun baru terlupakan. Terkadang target resolusi yang dibuat terlalu sulit, sehingga tidak dapat direalisasikan. Terutama setelah kembali ke kesibukan harian, mungkin kita terlalu lelah dan kehabisan waktu sehingga target pun berakhir terlupakan. Sebaiknya, kita membuat target yang lebih realistis. Selain itu, niat juga memegang peran yang penting. Tanpa adanya niat, target tidak bisa tercapai.

Resolusi tahun baru bisa membantu kita menjadi diri yang baru. Memulai hal baru memang sulit untuk dilakukan, apalagi membuatnya menjadi kebiasaan. Agar resolusi dapat terealisasikan, kita dapat memulainya dari hal-hal kecil. Misalnya untuk memulai pola hidup sehat, kita dapat memulai dari olahraga cukup seminggu sekali, dan perbanyak konsumsi buah dan sayuran. Selain itu, kita bisa memulai untuk berbuat baik pada orang lain, seperti bersedekah dengan jumlah kecil. Dengan memulai dari hal kecil, akan lebih mudah untuk menjadikannya kebiasaan.

Di tahun 2023 ini, semoga menjadi lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun baru berarti sudah betambah setahun perjuangan kita. Pastinya, tidak sedikit rintangan yang telah dilalui. Kita bisa melihat kembali semua yang telah kita hadapi selama setahun sebelumnya. Dari pengalaman tersebut, kita mendapat bekal untuk tahun ke depannya. Di setiap tahun, kita menjadi diri yang baru dengan belajar dari pengalaman di tahun-tahun sebelumnya.

Yogyakarta, 5 Januari 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA