KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Memberi pada Perayaan Imlek

Opini: Memberi pada Perayaan Imlek

Tanggal 23 Januari 2023 bertepatan dengan Tahun Baru Imlek yang ke-2574. Tahun Baru Imlek diperingati setiap hari pertama bulan pertama di tahun baru. Saat peraayan Imlek, suasana kota banyak dihiasi dengan nuansa merah, sebab dipercaya sebagai pembawa keburuntungan. Kata Imlek sendiri terdiri dari dua suku kata, yaitu im yang berarti “bulan” dan lek yang berarti “penanggalan”. Jadi, imlek dapat berarti “kalender bulan”. Imlek dirayakan selama lima belas hari dan diakhiri dengan perayaan Cap Go Meh.

Dalam kalender Tionghoa, tahun 2023 merupakan tahun shio kelinci. Kelinci merupakan hewan keempat dari lambang zodiak Cina. Dalam budaya Tionghoa, kelinci merupakan simbol kesabaran dan keberuntungan. Harapannya, di tahun 2023 ini bisa membawa keberuntungan serta diberi kesabaran untuk menghadapi rintangan yang datang.

Seperti perayaan lainnya, perayaan Imlek juga menjadi momen untuk berkumpul bersama keluarga. Dalam perayaannya, anggota dari seluruh keluarga besar akan berkumpul, menghabiskan waktu dan menyantap makanan bersama. Hari spesial seperti Imlek akan semakin bermakna dengan menghabiskannya bersama keluarga.

Imlek juga identik dengan pembagian angpao. Angpao diberikan oleh orang yang lebih tua kepada anak-anak yang belum menikah. Angpao biasa diberikan dalam amplop merah yang melambangkan keberuntungan. Angpao bermakna memberikan harapan dan kebahagiaan bagi penerima dan juga pemberi. Pemberian angpao merupakan salah satu contoh memberi. Selain saat Imlek, sehari-hari kita juga bisa memberi dengan bersedekah. Seperti pemberian angpao, bersedekah tidak hanya membawa kebahagiaan bagi penerima, namun juga kepada pemberinya. Nominal yang diberikan pun tidak harus besar, cukup seikhlasnya.

Selain itu, angpao juga sebagai wujud ucapan syukur atas semua rezeki yang telah diberikan kepada kita. Kita harus ingat bahwa semua harta yang kita miliki sekarang merupakan rezeki yang diberikan oleh Tuhan. Untuk menunjukkan rasa syukur, kita bisa memberi sedikit rezeki kepada yang membutuhkan. Memberi juga berarti kita mempunyai rasa peduli terhadap orang lain. Sebagian kecil nominal yang kita beri bisa berarti besar bagi penerima.

Yogyakarta, 19 Januari 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Shameer Pk from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Powered by WhatsApp Chat

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA