KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Waktu Luang

Opini: Waktu Luang

Remaja masa kini sudah banyak sekali terpengaruh hal-hal yang kurang baik dalam kehidupannya. Hal ini memiliki penyebab yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Lingkungan yang kurang baik pastinya menghasilkan sikap remaja yang tidak baik untuk masa depan mereka sendiri. Sering dijumpai remaja-remaja yang masih menempuh pendidikan berkeliaran di pusat perbelanjaan atau bergerombol di tepi jalan melihat orang-orang yang berlalu lalang. Kegiatan semacam ini dirasakan kurang bermanfaat dan dapat menimbulkan berbagai masalah sosial, seperti mengganggu ketentraman masyarakat, perkelahian, dan lain-lain.

Hal ini bukanlah tidak mungkin terjadi dari berbagai situasi yang tidak nyaman seperti sekarang ini. Pelajar yang lebih sibuk dan menyukai kesibukan, umumnya cenderung kurang berminat pada kegiatan-kegiatan yang tidak berguna pada saat mengisi waktu luang. Pengisian waktu luang yang kurang terarah akan menimbulkan kegiatan yang kurang terarah seperti perbuatan negatif, merusak, ataupun keterlibatan mereka pada hal yang negatif.

Banyaknya waktu kosong yang dimiliki setiap anak remaja masa kini dihabiskan hanya dengan kegiatan yang kurang bermanfaat dan tidak memiliki tujuan. Banyak hal seperti pengembangan kepribadian, minat, motivasi, dan lain-lain dapat diperoleh dengan memanfaatkan waktu luang. Pengisian waktu luang seperti ini dapat bermanfaat untuk pengembangan diri, menambah pengetahuan, mendapatkan pengalaman baru, dan juga memperluas pergaulan. Hal yang bersifat negatif harus diantisipasi agar tidak membuat para remaja terjerumus ke hal-hal yang tidak baik.

Pengalaman Baru
Mendapatkan waktu kosong di saat tidak ada tugas dari sekolah itu merupakan hal yang sangat berharga untuk setiap anak remaja masa kini. Mereka biasanya menantikan waktu ini untuk dapat melakukan aktivitas yang mereka inginkan. Banyak yang ingin berjalan-jalan, atau hanya sekadar kumpul untuk makan saja, dan lainnya untuk mendapatkan pengalaman baru.

Berkarya
Ada juga remaja yang memanfaatkan waktu luang untuk berkarya, meskipun sebagian besar golongan remaja biasanya malas dalam mengerjakan hal-hal lain selain tidur. Bahkan, sebagian dari mereka dapat mengisi waktu luang mereka dengan begadang hingga larut malam. Seharusnya, mereka menyadari bahwa hal tersebut dapat menghambat pencapaian impian dirinya sendiri. Remaja masa kini seharusnya dapat memanfaatkan waktu tersebut dengan berkarya. Berkarya dapat diaplikasikan seperti menulis cerpen, puisi, artikel, ataupun hal lainnya.

Kesehatan
Pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan adalahsuatu kegiatan yang pada intinya untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh dari aktivitas sehari-hari. Tujuannya untuk memberikan waktu pemulihan bagi tubuh karena mengalami kelelahan yang kadang tidak kita ketahui dan kita sadari. Harapannya setelah melakukan kegiatan pemanfaatan waktu luang tersebut tubuh akan siap untuk pulih melakukan aktivitas lagi.

Secara umum, remaja masih memahami waktu luang sebagai waktu di mana seseorang tidak melakukan sesuatu. Waktu luang adalah waktu di luar jam kerja atau sekolah, di luar kewajiban-kewajiban yang diberikan oleh keluarga dan masyarakat, kegiatan makan, tidur atau istirahat, dan pemenuhan kebutuhan lainnya. Di sinilah terkadang para remaja menyalahgunakan waktu luang di masa mudanya. Sangat penting bagi kita, para remaja tahu apakah prioritas kita, tahu apakah masa depan yang akan kita pilih. Setidaknya, kita harus mulai mempersiapkan diri sedikit demi sedikit, memperbaiki diri serta mengembangkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih baik lagi.

Yogyakarta, 26 Januari 2023

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Jan Vašek from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA