KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Mengenal Diri

Opini: Mengenal Diri

Kata orang, masa remaja adalah masa mencari jati diri. Masa di mana mulai muncul gejolak emosi dan pola pikir baru. Di masa ini, kita mulai mencoba hal-hal baru dan megeksplor berbagai hal. Masa remaja juga merupakan transisi menuju kedewasaan. Lingkungan menuntut para remaja untuk mulai bersikap dewasa. Untuk menjadi lebih dewasa, kita bisa mencoba mengenal diri sendiri.

Untuk lebih mengenal diri, kita bisa mengeksplor diri sendiri. Mengeksplor diri berarti mencoba menemukan minat, bakat, dan nilai diri serta mengenali kebiasaan dan kepribadian masing-masing. Eksplorasi diri bisa dilakukan dengan berbagai hal. Contohnya melakukan hal baru, bergaul dengan banyak orang, dan merefleksikan diri.

Mengetahui kelebihan dan kelemahan juga berguna untuk lebih mengenal diri sendiri. Dengan mengetahui kelebihan, kita bisa mengasahnya hingga lebih berkembang lagi. Mengetahui kelebihan juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Sedangkan dengan mengetahui kelemahan, kita bisa memperbaiki atau meminimalisir dampak yang ditimbulkan. Dari sana, kita juga bisa melihat kesempatan dan ancaman yang datang. Dengan begitu, kita bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki.

Sisihkan juga waktu untuk merefleksikan diri. Renungkan kembali berbagai hal yang telah terjadi, kenali pikiran, perasaan, dan perilaku kita di masa lalu. Selain itu, kita bisa mengetahui sumber emosi dan perasaan, seperti apa yang membuat kita marah ataupun membuat kita senang. Dengan begitu, emosi bisa lebih terkendali. Mengenali kebiasaan juga akan membantu untuk bisa memperbaiki kebiasaan buruk dan melanjutkan kebiasaan baik.

Penting untuk mendengar pendapat orang lain. Saat mencoba mengenali diri, terkadang ada sisi dari diri sendiri yang tidak kita lihat. Sisi itu mungkin saja lebih terlihat di mata orang lain. Terimalah semua masukan dari orang, baik itu berupa pujian maupun kritik. Turunkan ego dan coba untuk menerima kritik dari orang lain. Kritik yang membangun akan membantu untuk mengetahui dan memperbaiki kesalahan atau sifat buruk.

Dengan mengenal diri, kita bisa mengetahui semua unsur dari dalam diri. Baik itu potensi, keadaan fisik dan mental, sifat maupun kepribadian. Kita bisa mengetahui apa yang kita butuhkan, apa yang bisa dikembangkan dan apa yang perlu diperbaiki. Mengenal diri sendiri akan membantu kita untuk berkembang dan lebih mencintai diri sendiri. Mengenal diri pastinya memerlukan proses. Tak perlu tergesa-gesa dan nikmatilah proses tersebut.

Yogyakarta, 2 Februari 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Alexas_Fotos from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA