KAMAJAYA Scholarship / Berita  / Beasiswa KAMAJAYA-Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship (KAFE) Sasar Mahasiswa FISIP UAJY

Beasiswa KAMAJAYA-Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship (KAFE) Sasar Mahasiswa FISIP UAJY

beasiswa.kamajaya.id—Sejak 2013-2018, Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship (FASMS) memberikan beasiswa bagi mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Tahun 2023, Pengelola FASMS bekerja sama dengan KAMAJAYA Scholarship kembali membuka Beasiswa KAMAJAYA-Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship (KAFE).

Fransisca Femi Adiningsih, yang lahir di Yogyakarta, 4 April 1980, meninggal ketika joy flight Sukhoi yang jatuh di Gunung Salak pada 9 Mei 2012 ketika bertugas meliput penerbangan promosi Sukhoi.

Menurut sang kakak Esti Rahayu, Femi merupakan pribadi yang hangat, baik terhadap saudara dan teman-temannya.

“Femi sangat gigih ketika mengejar berita, mencari narasumber yang tepat untuk bisa membuat tulisan yang padat dan bernas,” ujar Esti.

Kisah tentang Femi di mata teman-temannya dapat dibaca di buku Friends from Heaven yang merupakan kumpulan cerita teman-teman Femi tentang Femi semasa hidupnya.

Jurnalis Perempuan

Esti mengisahkan, keinginan Femi menjadi jurnalis sudah dipupuk sejak SMP dengan ikut serta di GEMA-BERNAS. “Di GEMA, Femi mengasah kemampuan menulisnya dibantu oleh wartawan-wartawan senior BERNAS,” tambah Esti.

Ketika lulus SMA, pilihannya hanya 1, Ilmu Komunikasi UAJY dan Femi mendapatkan beasiswa dari UAJY. Femi merupakan salah satu alumnus dari Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UAJY Angkatan 1999. Setelah lulus dari UAJY, Femi bekerja sebagai wartawan di KONTAN, kemudian pindah ke Bloomberg News.

Kobarkan Semangat

Meskipun saat ini Femi tidak lagi bersama kita semua, namun semangat untuk maju, pantang menyerah, masih bisa terus dikobarkan melalui beasiswa. Tahun 2013, keluarga Femi bekerja sama dengan UAJY melalui Kantor Kerjasama dan Promosi (KKP-UAJY) dengan membuat Femi Adi Soempeno Memorial Scholarship (FASMS) hingga 2018.

Menurut Esti, semasa hidupnya Femi selalu kerja keras, gigih, pantang menyerah dan memanusiakan manusia. “Beasiswa ini dibuat untuk mengenang Femi, merayakan hidup Femi dan melanjutkan semangat Femi untuk selalu gigih, pantang menyerah dan memanusiakan manusia lain,” ujar Esti.

Beasiswa KAMAJAYA

Tahun 2023, FASMS dibuka lagi bekerja sama dengan Beasiswa KAMAJAYA. Kerja sama ini disambut baik oleh pengelola Beasiswa KAMAJAYA Hadisantono. Hadi mengungkapkan visi FASMS sejalan dengan misi Beasiswa KAMAJAYA. “Kami ingin membantu mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang mempunyai potensi akademis yang baik serta menyiapkan calon pemimpin masa depan yang memiliki karakter yang kuat dan memiliki kompetensi yang baik,” ujar Hadi.

Setiap pendaftar Beasiswa KAMAJAYA yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UAJY wajib menulis tambahan esai tentang bagaimana riwayat Femi Adi Soempeno menginspirasi cita-citanya dalam melanjutkan perjuangan Femi di masa depan. Pendaftaran Beasiswa KAMAJAYA dibuka dari tanggal 1 Maret 2023 hingga 31 Maret 2023.

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA