KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Hadiah Hari Kasih Sayang

Opini: Hadiah Hari Kasih Sayang

Tanggal 14 Februari merupakan hari Valentine atau hari kasih sayang. Pada hari ini, orang-orang akan mengucapkan kasih sayang dan menghabiskan waktu bersama orang tersayang. Valentine bukan hanya hari untuk para pasangan saja. Valentine juga dapat dirayakan dengan orang tua, saudara, sahabat, dan siapa pun yang kita sayangi.

Valentine identik dengan coklat, bunga, dan boneka. Ketiga benda tersebut biasa dijadikan sebagai hadiah untuk diberikan sebagai tanda kepedulian dan kasih sayang. Selain ketiga kado tersebut, banyak juga yang memberikan jenis kado lainnya, yang kreatif dan penuh makna bagi yang menerima. Mendapat hadiah tentunya menjadi hal yang menyenangkan bagi penerima. Namun, begitu juga dengan pemberi. Melihat wajah bahagia dari penerima bisa menjadi sebuah kesenangan bagi pemberi.

Dibanding apa yang diberikan, niat dan ketulusan sang pemberi lebih penting. Sebelum memberi hadiah, pemberi akan menghabiskan waktu untuk memilih. Tiap orang memiliki karakteristik dan kesukaan yang berbeda-beda. Pemberi akan memilih hadiah yang cocok dengan penerima. Ini juga menunjukkan seberapa kenal dan sebagai bentuk perhatian orang tersebut kepada kita. Maka dari itu, hadiah adalah hal yang sangat spesial. Hadiah menunjukkan bahwa pemberi rela menggunakan waktu dan usahanya untuk kita.

Memberi hadiah menjadi khas hari kasih sayang. Karena memberi akan menunjukkan kasih sayang dan kepedulian. Memberi berarti mengorbankan sesuatu miliknya demi orang lain. Sesuatu itu bisa waktu, usaha, maupun harta. Biasanya orang baru memberi kado saat hari penting atau perayaan khusus, untuk membuat hari itu menjadi lebih spesial. Walau begitu, hadiah bisa diberikan kapan pun, tak cuma pada hari-hari tertentu.

Menunjukkan kasih sayang bisa dilakukan kapan pun, tidak cuma saat Valentine. Di hari-hari biasa pun kita bisa menunjukkannya melalui sikap. Tak perlu menunggu hari Valentine untuk mengucap sayang kepada keluarga, atau menghadiahi teman. Selain keluarga dan teman, kita bisa memberi kasih sayang dan kepedulian kepada sesama, misalnya dengan bersedekah. Semoga di hari kasih sayang ini, bisa menambah rasa cinta kasih ke orang yang kita sayangi dan kepada sesama.

Yogyakarta, 9 Februari 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Michael Schwarzenberger from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA