KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Menjaga Hubungan Baik dengan Cinta Kasih

Opini: Menjaga Hubungan Baik dengan Cinta Kasih

Hampir setiap hari saat kita menyimak berita, selalu saja ada berita mengenai hubungan yang tidak baik dan muncul kemarahan atau kebencian. Mulai dari orang tua menyakiti anaknya, atasan kepada bawahannya, kekerasan dalam rumah tangga, dan lain-lain. Masih banyak peristiwa serupa terjadi yang tidak kita ketahui. Semakin bertambah juga orang-orang berkaitan dengan hubungan yang memburuk. Di tengah keadaan seperti itu, pada bulan Februari yang sering kali lebih teringat mengenai cinta dan kasih sayang. Jatuh tanggal 14 Februari disepakati sebagai hari kasih sayang.

Kasih sayang yang bersifat umum. Tak hanya sepasang manusia yang sedang mencintai, tapi juga kasih sayang antara orang tua dan anak, kakak-adik, saudara, keluarga, suami dan istri, sahabat, teman, bahkan kasih sayang kepada semua makhluk hidup dan alam semesta. Kasih sayang kepada diri sendiri pun ikut termasuk di dalamnya. Kemampuan untuk merasa cukup dan kemampuan untuk mengasihi menyayangi. Mampu merasa cukup menyebabkan setiap saat baik adanya. Mampu mengasihi dan menyayangi berakibat memperbaiki hubungan dengan orang lain. Paling tidak dapat membantu mengurangi peristiwa menyedihkan karena hubungan yang buruk.

Kita harus selalu berusaha menjaga hubungan yang baik, dan memperbaikinya saat mulai ada gejala muncul kebencian. Kita pun pernah mengalami hubungan yang buruk, tetapi karenanya kita terbantu untuk belajar menjalin hubungan lebih baik daripada sebelumnya. Untuk mengatasinya, kita berlatih meditasi dan menyadari munculnya kebencian. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerima ikhlas orang lain apa adanya atau ajak dia berbicara baik-baik dengan memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi dirinya, dan menerimanya, serta mendukung mereka.

Begitulah sebagian pelajaran yang kita dapatkan tentang memperbaiki dan mempererat hubungan dengan orang lain.Memang tidak mudah menerapkannya. Paling tidak, kita saling mengingatkan bahwa setiap kita, semua tanpa terkecuali, tidak tahu pasti mengenai jalan cerita hidup ini seperti apa. Oleh karena itu, perjalanan kehidupan menjadi nyaman jika kita saling mengasihi.

Yogyakarta, 14 Februari 2023

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA