KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Tertawa

Opini: Tertawa

Tertawa adalah sebuah kegiatan yang membuat kita bahagia. Tertawa juga merupakan tanda bahwa seseorang sedang bahagia. Walaupun tidak semua tawa yang tampak dari seseorang adalah tanda bahwa dia bahagia, tapi setidaknya kita bisa lebih bersantai dengan adanya tawa itu. Banyak sekali orang yang mengalami stres dan juga overthinking, entah itu karena masalah percintaan, karir maupun keluarga. Orang-orang ini sering kesusahan untuk menangani hal-hal itu karena tidak tahu bagaimana caranya. Saya sendiri pernah melewati hal seperti itu juga, ya … saya berhasil meredakan hal-hal seperti itu dengan cara tertawa dan tersenyum.

Menurut saya, tertawa dan tersenyum merupakan salah satu jawaban dari masalah-masalah kita. Saat kita tertawa lepas, semua beban yang ada di pundak kita tiba-tiba terasa seperti hilang atau terangkat, diri kita sendiri juga secara tidak langsung merasa lebih tenang dan santai saat itu juga.

Saya punya beberapa pengalaman dalam membantu teman saya dalam masalah stresnya. Salah satunya saat teman saya sedang sedih karena baru saja putus sama pacarnya. Awalnya, saya bersama dua teman saya mendengarkan dengan seksama. Setelah itu, kami mulai saling bercanda untuk mencairkan suasana. Kami mulai saling tertawa karena bercandaan yang kami buat itu, teman kami yang sedih itu juga mulai tersenyum dan tertawa seiringan dengan candaan kami. Saat teman saya itu tertawa, dia mulai terlihat lebih santai dan juga lebih rileks dari sebelumnya. Sebagai temannya, kami sadar bahwa dengan bercandaan yang kami berikan pada teman kami itu perasaan dia mulai sedikit membaik. Pada kesempatan itu, saya juga merasa lebih senang dan bahagia bisa membuat orang terdekat saya tersenyum dan tertawa.

Keluarga saya juga terkadang mengalami suasana yang tegang di rumah. Ayah dan ibu saya kadang bertengkar karena berbagai masalah yang ada. Namun, itu bukan berarti tidak ada keharmonisan di rumah saya. Kedua orang tua saya merupakan orang yang lucu dan sering bercanda. Di rumah, ibu saya selalu menjadi salah satu bahan candaan ayah dan juga saya. Namun, itulah yang membuat suasana di rumah terasa sangat hidup dan seru. Awalnya saya tidak terlalu suka berada di rumah, tapi belakangan saat saya mulai masuk kuliah, saya sadar bahwa di rumah juga tidak terlalu buruk dan bahkan sangat menyenangkan. Candaan yang ada di rumah sering kali membuat kami tertawa.

Hal ini membuat saya nyaman saat di rumah dikarenakan candaan yang diberikan secara bergantian antara saya dan juga kedua orang tua saya. Perasaan tenang dan santai selalu muncul pada saat saya tertawa, entah pada saat itu saya sedang menghadapi masalah yang besar.

Cerita di atas membuat saya menyadari beberapa hal baik yang bisa kita dapatkan jika kita tertawa dan juga membuat orang lain tertawa. Pertama, membuat diri lebih tenang dan bahagia saat sedang tertawa. Menurut saya, saat saya tertawa saya menjadi lebih bahagia dan juga lebih tenang dalam menghadapi masalah kehidupan saya. Walaupun pada saat yang bersamaan kita sedang mengalami masalah, dengan sedikit tawa yang muncul dari wajah kita bisa membuat diri kita lebih tenang sesaat. Hal ini sangat membantu kita dalam menemukan solusi dari masalah kita dan mengurangi kadar stres yang ada. Kedua, membuat orang lain tertawa merasakan bahagia atau kesenangan yang sama. Secara langsung saat kita membuat orang lain tertawa dan tersenyum ikut merasa senang dan bahagia juga. “Nah kalo dia ketawa gini kan jadi seru nih,” saya sering membatin seperti itu saat saya membuat orang terdekat saya tertawa. Saya merasa bahagia dan senang saat itu terjadi.

Jika kalian lihat dengan baik sekarang acara-acara komedi banyak sekali ditonton oleh orang-orang, contohnya seperti “Lapor Pak”. Alasan banyak orang menonton acara komedi ini karena mereka bisa menghibur diri mereka dari segala masalah yang mereka alami dengan tertawa menonton acara ini. Semua ini membuat saya mengambil kesimpulan bahwa kita dapat membuat orang lain ceria dan bahagia dengan cara yang sangat sederhana yaitu membuat mereka tertawa. Tertawa adalah salah satu obat terbaik yang dapat membantu kita melalui berbagai macam masalah kehidupan yang kita alami dalam hidup ini.

Berbagilah tawa dengan orang orang sekitarmu karena dengan melakukan itu kamu dan orang-orang di sekitarmu bisa tetap bahagia.

Yogyakarta, 16 Maret 2023

Baltasar Patrizhard Djata
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA