KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Berbagi Kasih

Opini: Berbagi Kasih

Kasih sayang adalah salah satu konsep yang sangat mendalam tentang kehidupan terutama pada manusia. Sikap kasih sayang membuat manusia akan bertahan hidup serta berkelanjutan. Rasa kasih sayang ini tidak mengenai lawan jenis, namun menyebar pada semua aspek kemanusiaan. Bahkan secara tidak sadar pun manusia belajar tentang itu sejak kecil. Sebagaimana sikap lain yang menular, rasa sayang pada sesama juga menular tanpa adanya paksaan.

Lihatlah bagaimana manusia kecil dan juga lemah lahir. Secara rasional, makhluk kecil ini tidak bisa bertahan jika tanpa kehadiran orang tua dan orang-orang terdekat. Anggota keluarga menjadi manusia yang paling pertama yang dimiliki oleh seorang anak, dan mereka akan belajar banyak dengan berbagai macam hal. Orang tua secara otomatis juga akan memberikan apa pun yang mereka miliki untuk si kecil. Mereka akan mengenalkan setiap detail kehidupan dengan penuh rasa sabar dan penuh cinta.

Terkadang dengan mereka marah, namun keadaan seperti ini tidak akan terjadi dalam waktu lama. Sebab, dasar dari rasa sayang telah membuat kesalahan sembuh dengan mudah.

Selanjutnya, ketika seorang anak sudah berada di fase tumbuh dan kembang, orang tua akan mengenalkan anak kepada arena lain. Di mana di sini tanpa disadari mereka mempraktikan apa yang sudah diajarkan oleh keluarga.

Belajar untuk saling menghormati, menolong, dan bersosialisasi dengan baik, walaupun tak jarang proses tersebut harus terhambat oleh kekeliruan penyerapan nilai. Sebab, tugas manusia bukan menjadi baik melainkan proses terpenting dari kehidupan ialah bagaimana cara menikmati proses menjadi manusia seutuhnya.

Yogyakarta, 13 April 2023

Verena Nindita Diva Listyanti
Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

Image by Vânia Raposo from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA