KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Self Love

Opini: Self Love

Kita pasti tidak asing lagi dengan kata Self Love. Secara umum, arti kata self love itu sendiri adalah mencintai diri sendiri. Mencintai diri sendiri bukan dalam artian memenuhi segala keinginan diri kita yang belum tentu hal tersebut bermanfaat bagi kita. Namun, self love itu merupakan sebuah penerimaan dan perlakuan atas diri Anda sendiri dengan baik tanpa membandingkan apa yang ada pada orang lain dalam artian yang buruk. Self love sendiri sebenarnya mengantarkan kita untuk menjadi diri sendiri tanpa adanya suatu tuntutan baik dari dalam maupun luar manusia tersebut. Self love juga mengajarkan kita, individu, menjadi nyaman dengan diri sendiri dan bangga dengan apa yang sudah diberikan kepada kita ataupun pencapaian yang sudah kita dapat dengan susah payah tanpa harus membandingkannya dengan hasil yang dimiliki orang lain.

Self love juga bisa diartikan sebagai kita, manusia, harus tahu batasan atas diri kita sendiri. Intinya adalah self love adalah bagaimana kita mengenali diri kita sendiri sebagai hasil dari penerimaan segala kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri kita. Dari self love, saya tahu apa artinya menerima diri sendiri tanpa membandingkannya dengan orang lain. Dulu, saya termasuk anak yang kurang beruntung dalam pergaulan karena fisik saya yang tidak sesuai dengan standar kecantikan Indonesia. Bisa dibilang saya pernah mengalami bullying yang dilakukan oleh teman-teman saya. Hal tersebut berlangsung selama kurang lebih 2,5 tahun sampai di titik saya menyerah.

Namun, saya menyadari bahwa saya hanya kurang kenal diri saya sendiri akibat dari bullying tersebut. Kemudian, orang tua saya membantu saya untuk mengenal diri saya dan kemampuan yang saya miliki yang di mana orang tua saya pernah berkata, “Jadikanlah kelebihanmu sebagai senjata untuk melawan orang yang pernah ngebully kamu,” dan saya berhasil melakukan hal tersebut. Saya membuktikan dengan kemampuan saya dalam bidang olahraga Basket. Saya diikutkan oleh sekolah saya berbagai macam kompetisi basket dan beberapa kali meraih juara bersama dengan rekan satu team saya dan pada akhirnya teman-teman saya yang pernah mem-bully saya mencoba untuk berteman dengan saya karena hal tersebut.

Yogyakarta, 11 Mei 2023

Maria Ervioline
Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-6

Image by Ylanite Koppens from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA