KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Membangun Relasi

Opini: Membangun Relasi

Relasi atau networking merupakan proses membangun koneksi dan hubungan dengan orang lain. Relasi bisa didapat dengan bersosialisasi. Membuat diri kita dikenal juga salah satu cara untuk mendapatkan relasi. Belajar bukan satu-satunya hal yang dilakukan oleh mahasiswa. Mencari relasi juga tidak kalah penting dengan belajar.

Selagi menjadi mahasiswa, ada baiknya kita mulai membangun relasi, karena membangun relasi sebagai mahasiswa lebih mudah. Orang akan lebih mudah akrab ketika memiliki kesamaan, baik dari pengalaman, kesukaan, asal dan lainnya. Sebagai mahasiswa tentunya kita memiliki kesamaan yaitu sama-sama sedang menempuh perkuliahan. Selain itu juga mahasiswa mempunyai banyak kesempatan untuk membangun relasi, seperti dengan mengikuti organisasi dan kegiatan mahasiswa lainnya.

Selain menuntut ilmu, membangun relasi juga penting dilakukan saat menjadi mahasiswa. Relasi bisa didapat dengan mengikuti kegiatan mahasiswa dan bersosialisasi. Relasi dapat dibangun antarmahasiswa, dosen, maupun umum. Relasi yang luas mendatangkan banyak manfaat untuk kita seperti informasi, support system, dan kesempatan-kesempatan baru yang sulit didapat seorang diri.

Membangun relasi tidak terbatas hanya sesama mahasiswa. Relasi bisa dibangun dengan kalangan umum. Dengan relasi, kita bisa saling bertukar pengalaman. Semakin luas relasi, semakin banyak dan beragam pengalaman yang kita dengar. “Belajar dari pengalaman” kalimat ini tidak hanya terbatas pada pengalaman sendiri, kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain. Namun, mahasiswa tetap harus bisa menyeimbangkan antara akademik dan kehidupan sosial. Jangan sampai terlalu fokus mencari relasi sampai menelantarkan akademik, dan juga sebaliknya.

Mempunyai relasi sesama mahasiswa juga akan mempermudah tugas akademis. Kita bisa berdiskusi jika ada soal yang sulit dan saling membantu satu sama lain. Ketika ada tugas kelompok, tidak akan sulit mencari anggota karena banyak relasi. Mereka juga bisa menjadi support system. Kita bisa berbagi keluh kesah dengan mereka untuk mengurangi stres. Selain sesama mahasiswa, relasi bisa dibangun dengan dosen. Mempunyai relasi dengan dosen membuka peluang untuk direkrut pada kegiatan-kegiatan yang menambah pengalaman seperti penelitian dan asisten dosen.

Relasi juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Semakin luas relasi maka semakin banyak informasi yang bisa didapat, seperti ilmu atau informasi pekerjaan. Ketika mempunyai relasi yang produktif, bisa menjadi faktor eksternal bagi diri sendiri untuk lebih produktif juga. Relasi dapat membuka kemungkinan-kemungkinan baru di masa depan. Ketika kesulitan, kita bisa bertanya kepada mereka untuk mendapat pencerahan.

Mari kita membangun relasi.

Yogyakarta, 10 Juni 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Anemone123 from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA