KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Meraih Keberuntungan

Opini: Meraih Keberuntungan

Seumur hidupnya, setiap orang pasti pernah mendapatkan keberuntungan. Keberuntungan merupakan salah satu faktor yang membantu meraih keberhasilan. Orang mungkin dikatakan bernasib mujur ketika sedang mendapat keberuntungan. Namun, keberuntungan tidak sepenuhnya ditentukan oleh nasib. Keberuntungan memang tidak bisa dikendalikan, tetapi kita bisa mencoba meraihnya sehingga keberuntungan bisa mengarah kepada kita.

Dengan keberuntungan, persentase keberhasilan sekecil apa pun bisa terwujud. Selama kemungkinannya bukan nol, tetap ada kesempatan untuk mendapatkannya. Dalam kata lain, keberuntungan hanya akan datang jika kita mau bergerak untuk menciptakan peluang. Namun, keberuntungan memang tidak bisa dipastikan. Tidak bisa hanya mengandalkan keberuntungan saja untuk mencapai kesuksesan. Faktor lain seperti kerja keras, kepintaran, dan dukungan dari orang lain juga membantu.

Keberuntungan akan datang kepada mereka yang berusaha dan mau mengambil peluang. Keberuntungan sering diartikan sebagai sebuah kebetulan. Namun, keberuntungan tidak akan datang begitu saja seperti bintang jatuh. Keberuntungan adalah hasil terbaik yang muncul dari perbuatan dan pilihan kita. Misalnya atlet bela diri yang menang WO mungkin bisa dibilang beruntung, namun dia tidak akan mendapatkan keberuntungan itu jika dari awal tidak mengikuti pertandingan. Semakin bekerja keras, semakin besar peluang untuk mendapatkan keberuntungan.

Peluang yang diambil juga perlu dipertimbangkan secara rasional. Pertimbangkan kerugian dan pengorbanan yang dihasilkan jika gagal. Banyak penawaran yang terdengar terlalu manis untuk menjadi kenyataan. Banyak juga penipuan yang mengatasnamakan keberuntungan. Untuk memperoleh keuntungan sebaiknya bergantung pada kerja keras. Keberuntungan seharusnya menjadi pendorongatas hasil dari kerja keras, bukan sumber keuntungan.

Keberuntungan berasal dari kemungkinan-kemungkinan yang ada. Keberuntungan bisa kita raih dengan memperbanyak peluang dan kemungkinan tersebut. Selama kita mau bergerak dan mengambil kesempatan, peluang itu akan muncul. Selanjutnya, dengan usaha dan kerja keras, keberuntungan akan datang dengan sendirinya.

Success is very much the intersection of luck and hard work.” – Dustin Moskovitz

Yogyakarta, 22 Juni 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Gerd Altmann from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA