KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Investasi Masa Depan

Opini: Investasi Masa Depan

Belakangan ini kita sering mendengar kata investasi. Investasi sendiri berarti sebuah tindakan untuk mengalokasikan suatu sumber daya dengan tujuan memperoleh keuntungan di masa depan. Harapannya dengan berinvestasi kita bisa memiliki masa depan yang sejahtera. Investasi sering dikaitkan dengan materi. Namun, kita juga bisa berinvestasi pada diri sendiri dan yang paling penting berinvestasi pada kesehatan.

Investasi untuk finansial memang penting. Daripada dihabiskan untuk hal-hal konsumtif, lebih baik diinvestasikan untuk masa depan. Bisa saja di masa depan muncul pengeluaran yang tak terduga. Ada banyak jenis investasi seperti reksa dana, saham, obligasi. Di era digital ini, investasi menjadi jauh lebih mudah. Bebagai macam aplikasi menghadirkan fitur yang bisa memudahkan pengguna melakukan transaksi. Selain itu, ada berbagai fitur yang membantu pemula untuk mulai berinvestasi.

Selain finansial, tak kalah penting untuk berinvestasi pada diri sendiri. Investasi diri berarti mengembangkan kualitas diri agar mempunyai bekal yang lebih banyak untuk masa depan. Berinvestasi pada diri sendiri bisa dilakukan dengan memperkaya ilmu, mengembangkan minat bakat, membangun relasi sosial, dan menambah pengalaman. Saat ini, ilmu bisa didapatkan dengan mudah di internet. Selain itu, banyak terdapat informasi terkait kegiatan seperti kursus dan seminar yang bisa diikuti baik online maupun offline. Dengan mengikuti kegiatan-kegiatan tersebut juga berkesempatan untuk mendapat relasi dan pengalaman.

Investasi paling berharga adalah investasi kesehatan. Investasi lain tidak bisa dinikmati hasilnya jika di masa depan kita tidak mempunyai tubuh yang sehat. Untuk menjaga kondisi tubuh, bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup sehat. Saat menjaga kesehatan, yang penting adalah menjaga pola makan dan berolahraga teratur. Agar makan lebih sehat, bisa dicoba untuk memasaknya sendiri. Selain pola makan yang terjaga, kualitas diri juga bertambah dengan peningkatan kemampuan.

Berinvestasi untuk finansial memang penting, namun berinvestasi pada diri sendiri juga tidak kalah penting. Dengan berinvestasi pada diri sendiri, kita bisa meningkatkan keahlian, meningkatkan kualitas hidup, dan mencapai tujuan yang dimiliki. Kesehatan fisik dan mental juga perlu dijaga agar kita bisa menikmati hasil investasi di kemudian hari. Dengan berinvestasi pada ketiga hal tersebut, masa depan diharapkan bisa lebih sejahtera.

Yogyakarta, 6 Juli 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by eko pramono from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA