KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Menikmati Proses

Opini: Menikmati Proses

Setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda-beda. Kehidupan terdiri beragam peristiwa, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Peristiwa-peristiwa ini kemudian membentuk perjalanan. Dari setiap jalan itu, ada proses yang dilalui untuk melaju dari titik awal ke titik akhir. Proses inilah yang menentukan hasil pada akhir jalan tersebut. Namun, terkadang kita terlalu fokus kepada hasil, sampai lupa untuk menikmati proses.

Hasil memang selalu menghantui, karena hasillah yang menentukan apakah kita gagal atau berhasil. Proses sering dianggap cuma sebagai fase sebelum mendapat hasil. Padahal, perjalanan bukan hanya tentang hasil akhir, tetapi juga tentang pelajaran, pengalaman, dan kesenangan yang didapat ketika menjalaninya. Masa depan memang belum datang. Oleh karena itu, lebih baik nikmati yang terjadi sekarang sambil tetap melakukan yang terbaik. Dengan menikmati proses, pikiran pun bisa lebih tenang, tak tergesa-gesa hanya untuk mendapatkan hasil akhir.

Ketika terpaku pada hasil, biasanya muncul rasa takut untuk gagal. Namun, ketakutan itu juga tidak sepenuhnya buruk. Justru itu diperlukan agar bisa lebih mempersiapkan diri untuk mencapai hasil yang lebih baik. Asalkan pikiran tidak terbebani dengan rasa takut itu sendiri dan dapat fokus ke bagaimana mengatasi kemungkinan gagal tersebut.

Menikmati proses bukan berarti tidak peduli pada hasil akhir. Melainkan lebih mengapresiasi waktu dan usaha yang dikeluarkan dalam perjalanan. Proses ini mengajarkan kita tentang kesabaran, ketekunan, dan rasa syukur atas segala hal yang telah dicapai. Sehingga jika pun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan nanti, hati bisa lebih menerima karena hasil bukan satu-satunya yang didapat. Apa pun hasilnya, hasil akhir bisa menjadi pelajaran agar bisa lebih baik ke depannya.

Dalam serangkaian peristiwa yang dijalani manusia, hasil akhir bukan satu-satunya hal yang berarti. Dalam menjalani proses, ada nilai-nilai yang bisa kita apresiasi seperti perkembangan pribadi dan momen-momen yang membahagiakan. Menikmati proses berarti menghargai setiap momen dalam perjalanan hidup, sambil tetap mempersiapkan diri untuk hasil akhir yang diharapkan. Oleh karena itu, mari nikmati setiap detik dalam perjalanan hidup ini dengan penuh kesadaran dan apresiasi atas segala upaya yang telah kita lakukan.

Yogyakarta, 20 Juli 2023

Gde Rama Vedanta Yudhistira
Mahasiswa Program Studi Informatika UAJY Angkatan 2020
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by athree23 from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA