KAMAJAYA Scholarship / Opini  / Opini: Teknologi dan Mahasiswa

Opini: Teknologi dan Mahasiswa

Pada masa kini, teknologi telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan kita. Hampir semua aktivitas sehari-hari kita terkait dengan penggunaan teknologi, terutama yang paling umum dan banyak dijumpai, yaitu sosial media. Selain itu, perkembangan teknologi juga telah memenuhi dunia dengan beragam data, seperti gambar, video, tulisan, dan suara. Tidak hanya berguna untuk berbagi informasi, teknologi juga memungkinkan kita berkomunikasi dengan siapa saja dan menghibur diri sendiri. Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin canggih dari masa ke masa, sehingga memudahkan kita dalam mendapatkan informasi dan berkomunikasi dengan orang lain.

Tanpa kita sadari, kita telah memasuki era baru yang disebut era digital. Era digital adalah zaman di mana hampir semua aktivitas manusia melibatkan penggunaan teknologi, seperti pembayaran tanpa uang tunai, memesan ojek online melalui ponsel, dan banyak lagi. Dalam era ini, teknologi komunikasi dan informasi memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Berkat teknologi, kita dapat dengan mudah mengetahui apa yang terjadi di sekitar kita di mana pun kita berada. Ini adalah contoh nyata kemajuan teknologi, terutama teknologi informasi. Namun, seperti halnya perkembangan teknologi lainnya, ada dampak positif dan negatif yang dihasilkan.

Dampak positif teknologi komunikasi dan informasi adalah memudahkan kita berkomunikasi tanpa hambatan jarak, tempat, dan waktu. Akses internet yang tersedia juga memungkinkan kita untuk menerima informasi dengan cepat. Selain itu, teknologi ini juga mempermudah berbagai aktivitas sehari-hari kita. Namun, tentu saja, selalu ada dua sisi dalam setiap perkembangan, sehingga dampak negatif juga perlu diperhatikan. Adapun dampak negatif dari penggunaan teknologi komunikasi dan informasi adalah terjadi kurangnya kemampuan untuk berbaur dengan masyarakat serta berinteraksi dengan orang lain secara langsung. Selain itu, ada juga ancaman penyebaran virus komputer, keberadaan konten pornografi dan kekerasan yang dapat membahayakan anak di bawah umur, dan masih banyak lagi masalah lainnya yang perlu diwaspadai.

Peran era digital juga sangat terasa dalam kehidupan mahasiswa, terutama dalam bidang pendidikan. Ketika mahasiswa berkumpul bersama teman-temannya, mereka sering mencari akses WiFi. WiFi ini digunakan untuk mengerjakan tugas atau berkomunikasi dengan teman-teman yang berada di lokasi yang berbeda. Sementara teknologi memberikan manfaat besar, kita juga harus bijaksana dalam menghadapi dampak negatifnya dan berupaya untuk memanfaatkannya secara bertanggung jawab. Bagi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, komunikasi menjadi perhatian utama mereka, perkembangan teknologi memberikan kemudahan dalam menganalisis berbagai jenis komunikasi dari berbagai bidang.

Dari hal tersebut, terlihat bahwa teknologi memiliki pengaruh yang besar terhadap perilaku mahasiswa dan masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, kita dapat menyimpulkan bahwa kemajuan teknologi komunikasi dan informasi di era digital ini memiliki peranan yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Namun, penting bagi kita untuk menggunakan teknologi dengan bijaksana dan bertanggung jawab agar dampak positifnya lebih unggul dan dampak negatifnya dapat diminimalkan.

Yogyakarta, 27 Juli 2023

Yohanes Rdo Swastianto
Mahasiswa Program Studi Manajemen UAJY Angkatan 2021
Penerima Beasiswa KAMAJAYA Angkatan ke-5

Image by Jan Vašek from Pixabay

No Comments

Post a Comment

×

Hello!

Click one of our contacts below to chat on WhatsApp

× Tanya Beasiswa KAMAJAYA